Penulis Utama : Hanif Hary Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011102
Tahun : 2015
Judul : Interferon gamma pasien multidrug-resistant tuberculosis (mdr-tb) rumah sakit umum daerah dr. Moewardi di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011102-2015
Subyek : MDR-TB
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Respons imun terhadap infeksi tuberkulosis sangat bergantung pada sel T CD4+ melalui produksi interferon-? (IFN-?). Seseorang dengan MDR-TB dilaporkan mengalami penurunan kapasitas produksi IFN-? oleh sel T. Sejauh yang peneliti ketahui, data terkait konsentrasi IFN-? dalam plasma pasien MDR-TB di Indonesia belum pernah dilaporkan, termasuk kaitannya dengan usia dan jenis kelamin. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimanakah profil konsentrasi IFN-? dalam plasma pasien MDR-TB Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi di Surakarta serta kaitannya dengan jenis kelamin dan usia pasien.
Metode: Sampel darah dan data rekam medis dari 43 pasien MDR-TB Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi di Surakarta dikumpulkan. Tes serologi ELISA dilakukan untuk mengetahui konsentrasi IFN-?. Selanjutnya, data IFN-? dan data dari rekam medis (jenis kelamin dan usia) dianalisis menggunakan uji chi-square, uji Fisher exact, atau uji Kolmogorov-Smirnov.
Hasil: Sebanyak 46,5% pasien MDR-TB memiliki konsentrasi IFN-? plasma yang meningkat. Peningkatan konsentrasi IFN-? plasma lebih sering ditemukan pada jenis kelamin perempuan dan kelompok usia 21-30 tahun. Berdasarkan hasil analisis statistik, tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara peningkatan konsentrasi IFN-? plasma dengan usia (p = 0,450) dan jenis kelamin (p = 0,067) pada pasien MDR-TB.
Simpulan: Peningkatan konsentrasi IFN-? plasma didapatkan pada 46,5% pasien MDR-TB Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi di Surakarta. Tidak didapatkan kaitan antara konsentrasi IFN-? plasma dengan usia dan jenis kelamin.
__________________________________________________________________
Kata Kunci: IFN-?, MDR-TB, Surakarta

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
IMG_20150516_0015.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hudiyono, M.S
2. Marwoto, dr., M.Sc., Sp.MK.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran