Penulis Utama : Febriana Ragil Pratiwi
NIM / NIP : F0110055
×

Tingginya tingkat kemiskinan di Jawa Tengah menunjukkan proses pembangunan ekonomi yang belum bisa meningkatkan kesejahteraan ,masyarakat secara merata. Dengan demikian, diperlukan adanya analisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemiskinan dalam upaya mengatasi masalah kemiskinan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah selama tahun 2008-2012.
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan jenis data runtut waktu time series dan data antar wilayah cross-section. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), BPS Jawa Tengah Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi.Metode analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis data panel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel yang di uji memiliki pengaruh terhadap kemiskinan.Upah minimum, Kesehatan, dan Pendidikan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kemiskinan, sedangkan variabel pengangguran berpengaruh signifikan dengan arah positif dengan kemiskinan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, beberapa saran yang diajukan untuk mengurangi kemiskinan yaitu perlu melakukan kegiatan ekspor dalam skala yang besar, guna meningkatkan pendapatan dalam negeri, meningkatkan pelayanan kesehatan serta melakukan sosialisasi kesehatan kedalam seluruh lapisan masyarakat, memaksimalkan program pendidikan yang ada dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, serta membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
Kata kunci : Upah minimum, Kesehatan, Pendidikan, Pengangguran, Kemiskinan.

×
Penulis Utama : Febriana Ragil Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0110055
Tahun : 2014
Judul : Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008-2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2014
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0110055-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yunastiti P, M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.