Penulis Utama : I Gusti Putu Diva Awatara
NIM / NIP : T630209005
×

Kondisi perusahaan sektor agroindustri di Indonesia saat ini dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan yang relatif belum sesuai harapan shareholders. Cukup ironis karena Negara Indonesia yang merupakan Negara agraris yang bertumpu pada sektor pertanian menunjukkan penurunan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup terutama dalam pemenuhan kriteria penilaian wajib yang meliputi aspek pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3 dan penerapan AMDAL.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan ditinjau dari komitmen perusahaan, implementasi biaya, budaya perusahaan, orientasi perusahaan, manajemen lingkungan proaktif dan dorongan manajemen lingkungan sebagai perwujudan pelaksanaan sistem manajemen lingkungan; mengidentifikasikan dan melakukan penilaian moneter manfaat yang diterima masyarakat; mengevaluasi manfaat langsung yang diperoleh perusahaan setelah menerapkan kebijakan manajemen lingkungan serta mengetahui komponen yang berperan penting dalam pelaksanaan sistem manajemen lingkungan menuju sistem ekonomi hijau di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) PG. Gondang Baru Klaten, PG. Pangkah, Rendeng, PG. Sragi, PG. Sumberharjo, PG. Jatibarang; PT. Kebon Agung PG. Trangkil; PT. Madu Baru PG. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan survei melalui kuesioner, dokumentasi, wawancara dan observasi. Sampel penelitian ini adalah manajemen perusahaan agroindustri. Teknik pengambilan sampel menggunakan pengambilan sampel acak berstrata proporsional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua teknik analisis utama yaitu structural equation modeling (SEM) dan travel cost method (TCM) serta analisis jaring laba-laba.
Hasil penelitian menunjukkan komitmen perusahaan dilihat dari kebijakan lingkungan di masing-masing perusahaan dengan mempertimbangkan karakteristik, skala dan dampak dari setiap kegiatan lingkungan. Implementasi biaya dilakukan berupa dana tanggap darurat dan dana regular. Budaya perusahaan perlu perbaikan terutama dalam merubah perilaku karyawan untuk fokus meningkatkan kepedulian tinggi pada lingkungan, motivasi kuat untuk mengimplementasikan sistem manajemen lingkungan. Orientasi perusahaan dalam setiap kebijakan organisasi, tujuan dan target didasarkan pada pengetahuan tentang aktivitas dan pengaruhnya pada lingkungan.
Manajemen lingkungan proaktif terkait peningkatan upaya perusahaan untuk meminimalisasi limbah sekaligus merupakan upaya meningkatkan efisiensi khususnya efisiensi penggunaan bahan baku agar seluruh bahan baku dimanfaatkan dan ditingkatkan nilai tambahnya. Dorongan manajemen lingkungan terkait peningkatan perusahaan meminimalisasi limbah sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi. Perbaikan dan penambahan fasilitas di kawasan berupa revitalisasi sarana dan prasarana yang lebih representatif. Manfaat langsung yang diperoleh perusahaan setelah menerapkan kebijakan manajemen lingkungan adalah perusahaan semakin lebih peduli terhadap lingkungan dalam melaksanakan kegiatan usaha, mempermudah perusahaan dalam memperoleh kredit perbankan sebagai upaya mendorong green banking sehingga perusahaan dituntut meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Komponen yang berperan penting dalam pelaksanaan sistem manajemen lingkungan menuju sistem ekonomi hijau di Indonesia adalah perusahaan, masyarakat, pemerintah, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, perbankan, pemasok dan media massa.
Kata kunci: kinerja perusahaan agroindustri, sistem manajemen lingkungan, sistem ekonomi hijau

×
Penulis Utama : I Gusti Putu Diva Awatara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T630209005
Tahun : 2015
Judul : Tingkat Kinerja Perusahaan Agroindustri Ditinjau dari Kepatuhan Terhadap Pelaksanaan Sistem Manajemen Lingkungan Menuju Sistem Ekonomi Hijau di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-3 Penyuluhan Pembangunan (Pemberdayaan Masyarakat)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Lingkungan-T630209005-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc
2. Prof. Dr. rer.nat Sajidan, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.