Penulis Utama : Nuur Annisa Ma’rifah
NIM / NIP : K8110042
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep bangun datar geometri melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match pada anak kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 19 anak kelompok A RA Masyithoh Segoroyoso II. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, unjuk kerja anak dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan penguasaan konsep bangun datar geometri pada anak kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II. Keaktifan anak belajar tentang bangun datar geometri tergolong tinggi, perlakuan tindakan selama dua siklus pada anak seluruhnya mencapai keberhasilan yang diharapkan dengan catatan penguasaan geometri anak masing-masing berbeda. Pada prasiklus terdapat 3 anak yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 15%. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu menjadi 9 anak atau 47%. Dilanjutkan ke siklus II terdapat peningkatan yaitu 84% atau 16 anak mencapai kriteria tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan penguasaan konsep bangun datar geometri pada anak kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II .
Kata Kunci : Index Card Match, penguasaan geometri, bangun datar

×
Penulis Utama : Nuur Annisa Ma’rifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8110042
Tahun : 2014
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Bentuk Geometri Pada Anak Kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru PAUD-K8110042-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny IS Poerwanti, M.Pd
2. M. Munif Syamsuddin, S.Pd.I, MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.