Penulis Utama : Reza Yunita Sari
NIM / NIP : G0011168
×

Latar Belakang: Pada anak-anak terjadi proses pertumbuhan kapasitas kranium dan pematangan kapasitas memori kerja. Peningkatan kapasitas kranium dipengaruhi oleh pertumbuhan dari otak. Sementara, pertumbuhan dan perkembangan dari otak akan memengaruhi intelegensi seseorang. Kapasitas memori kerja merupakan salah satu domain paling penting dari intelegensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara estimasi kapasitas kranium dengan kapasitas memori kerja.
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Kristen Manahan Surakarta. Penelitian dilakukan terhadap 36 siswa dengan melakukan pengukuran estimasi kapasitas kranium dan melakukan Reading Span Test untuk mengukur kapasitas memori kerja. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Uji Normalitas Saphiro Wilk dan Uji Korelasi Pearson.
Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan nilai r = 0,367 dan nilai p = 0,027, yang berarti terdapat hubungan positif berkekuatan lemah antara estimasi kapasitas kranium dan kapasitas memori kerja pada anak SD di Surakarta dan hubungan ini bermakna secara statistik.
Simpulan Penelitian: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara estimasi kapasitas kranium dengan kapasitas memori kerja pada anak SD di Surakarta dengan nilai kekuatan hubungan sebesar 0,367.
.
Kata Kunci: estimasi kapasitas kranium; kapasitas memori kerja; anak SD

×
Penulis Utama : Reza Yunita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011168
Tahun : 2015
Judul : Hubungan antara estimasi kapasitas kranium dengan kapasitas memori kerja pada anak sd di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011168-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wiyono, dr., M.Kes
2. Andri Iryawan, dr., M.S., Sp.And.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.