Penulis Utama : Nike Presetyani
NIM / NIP : F3312093
×

ABSTRACT
The hospital has roles to provide health services for the public, in order to support a good service in it there is a good system and competent employees. the employees is a important part to give services for the public, therefore the internal control system needs a good payroll to avoid fraud.
The aim of the researchby the writerto know how thepayroll systeminKasih Ibu HospitalSurakartaandhow theinternal controlof payrollinKasih Ibu HospitalSurakartawhether it isin accordance iththat shouldexistinthe company.
In this research,the authorsconducted a case studywith theobject of researchinKasih Ibu HospitalSurakartarelated to thepayroll system. The writer usedprimary dataobtained directlyfrom thecompanyandsecondary data obtainedby studyingreferenceandtheory. The writercollected databy means ofliterature study, field research, inter viesandobservations.
The results of the evaluation of the internal control system of payroll Kasih Ibu Hospital Surakarta found plus and minus of control system payroll. One of the advantages is the documents that used in the payroll system there is serial number printed and always asked the authorization so that the data can be justified. Lack of the system is still merging function between the makers of the payroll with employee absenteeism and attendance device that used the employees were broken. Based on the research, the writer gives recommendation to the Kasih Ibu Hospital Surakarta should repair the attendance device Finger print so that the present time recording of employees is more valid and must be able to separate the duties of recording time present with the maker payroll.
Keyword: System, Control, Payroll, Hospital
ABSTRAK
Rumah sakit bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, untuk menunjang pelayanan yang baik di dalamnya terdapat sistem yang baik dan karyawan yang kompeten.Karyawan merupakan peran yang sangat penting dalam melayani masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan sistem pengendalian intern penggajian yang baik untuk menghindari penyelewengan.
Tujuan penelitian yang penulis lakukan untuk mengetahui bagaimana sistem penggajian di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta dan bagaimana pengendalian intern penggajian pada Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya ada di perusahaan.
Dalam penelitian ini penulis melakukan studi kasus dengan obyek penelitian pada Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta yang berkaitan dengan sistem penggajian.Penulis menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari perusahaan dan data sekunder yang diperoleh dengan mempelajari referensi dan teori. Penulis mengumpulkan data dengan cara studi kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara dan pengamatan.
Hasil evaluasi sistem pengendalian intern penggajian Rumah Sakit Kasih ibu Surakarta menemukan kelebihan dan kelemahan.Salah satu kelebihannya yaitu dokumen yang digunakan dalam penggajian terdapat nomor urut tercetak dan selalu dimintai otorisasi agar data dapat dipertanggung jawabkan.Kelemahan yang dimiliki yaitumasih terdapat pengabungan fungsi antara pembuat daftar gaji dengan absensi karyawan dan alat absensi yang digunakan karyawan juga mengalami kerusakan.berdasarkan penelitian penulis memberikan rekomendasi yaitu Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta harus membenahi alat absensi Finger print agar pencatatan waktu hadir karyawan lebih valid dan harus melakukan pemisahan tugas terhadap pencatatan waktu hadir dengan pembuat daftar gaji
Kata kunci: Sistem, Pengendalian, Penggajian, Rumah Sakit

×
Penulis Utama : Nike Presetyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3312093
Tahun : 2015
Judul : Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penggajian pada Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Akuntansi-F3312093-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Nugrahaningsih, SE,M.Ak.,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.