Penulis Utama : Deyona Annisa Putri
NIM / NIP : G0011072
×

Latar Belakang : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah ditetapkan Senat FK UNS sebagai model pembelajaran yang digunakan di Prodi Pendidikan Dokter sejak 2007. Salah satu tujuan PBL adalah meningkatkan kemampuan Self Directed Learning (SDL) mahasiswa. SDL merupakan proses dimana individu mengambil inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, untuk memutuskan kebutuhan belajar, merumuskan tujuan belajar, mengidentifikasi sumber daya belajar, memilih dan menerapkan strategi belajar, serta mengevaluasi hasil belajar. SDL dapat diukur dan direpresentasikan oleh tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR). Salah satu manfaat penelitian ini adalah sebagai evaluasi penerapan PBL di FK UNS. Sehingga, peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada perbedaan SDLR pada mahasiswa Pendidikan Dokter FK UNS semester I dan semester VII.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada Desember 2014 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 386 mahasiswa semester I dan semester VII yang dipilih berdasarkan kriteria restriksi dengan teknik sampling simple random sampling. Data diukur menggunakan Self Directed Learning Readiness (SDLR-NE) dalam Bahasa Indonesia dan dianalisis menggunakan Independent t-Test melalui program SPSS 20.0 for Windows.
Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan rerata skor Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada mahasiswa semester I sebesar 149.09 ± 18.346 dan untuk mahasiswa semester VII sebesar 147.41 ± 15.856 serta hasil Independent t-Test menunjukkan p = 0.337.
Simpulan Penelitian : Tidak terdapat perbedaan Self Directed Learning Readiness yang signifikan antara mahasiswa semester I dengan mahasiswa semester VII di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Kata kunci : Self Directed Learning Readiness, mahasiswa, pendidikan dokter

 

×
Penulis Utama : Deyona Annisa Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011072
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan self directed learning readiness pada mahasiswa pendidikan dokter fk uns semester i dan semester vii
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011072-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suyatmi, dr., MBiomedSc.
2. Amelya Augusthina Ayusari, dr.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.