Penulis Utama : Dendy Yuris Wibowo
NIM / NIP : S411302009
×

Loyalitas pasien merupakan isu utama dalam penelitian ini. Loyalitas pasien memberikan profitabilitas bagi rumah sakit.Oleh karena itu pemasar perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien. Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan fenomena loyalitas pasien di Poliklinik Rawat Jalan RSJPDHK Jakarta Barat.
Penelitian ini untuk mengetahui signifikansi dan pengaruh variabel-variabel yang ada dalam bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan fasilitas fisik) terhadap peningkatan loyalitas pasien di Poliklinik Rawat RSJPDHK Jakarta Barat serta untuk mengidentifikasi dominasi pengaruh variabel bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan fasilitas fisik) terhadap peningkatan loyalitas pasien di Poliklinik Rawat Jalan RSJPDHK Jakarta Barat.
Penelitian dilakukan survei analitik (non eksperimental) dengan pendekatan cross sectional pada 138 pasien di poliklinik rawat jalan RSJPDHK Jakarta Barat, pengambilan sampel secara purposive sampling. Variabel bebasnya adalah Produk,Tarif,Tempat, Promosi, Petugas, Proses dan Fasilitas Fisik. Variabel tergantungnya adalah loyalitas pasien di poliklinik rawat jalan RSJPDHK Jakarta Barat, yang diukur dengan instrument kuesioner.
Penelitian dilakukan di poliklinik rawat jalan RSJPDHK Jakarta Barat. Sebelum digunakan kuesioner yang merupakan instrumen penelitian ini dilakukan pengujian terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Pengujian terhadap validitas instrument tersebut menggunakan konfirmasi faktor analisis (CFA) dan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Data dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adjusted R2 sebesar 0.300 bahwa kemampuan variabel independen produk, tarif, tempat, promosi, orang, proses dan fasilitas fisik untuk mejelaskan variasi pada variabel dependen loyalitas (Y) adalah sebesar 30%. Selebihnya, yaitu 70 % dijelaskan oleh variabel bebas yang lain yang tidak diteliti. Variabel bebas produk, tarif, promosi, petugas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien sedangkan tempat, proses dan fasilitas fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pasien di poliklinik rawat jalan RSJPDHK Jakarta Barat.
Kata kunci : bauran pemasaran, loyalitas pasien, rumah sakit

×
Penulis Utama : Dendy Yuris Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411302009
Tahun : 2015
Judul : Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan loyalitas pasien (Studi Kasus Pada Poliklinik Rawat Jalan di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta Barat)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Manajemen-S.411302009-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.