Penulis Utama : Budi Cahyadi Suciadi
NIM / NIP : S501102011
×

ABSTRAK
Latar belakang: Diabetes mellitus merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia, yang menstimulasi terjadinya glikasi protein secara nonenzimatik pada pasien DM tipe 2 terkontrol dan tidak terkontrol. Spektrin merupakan target utama pada proses glikasi protein membran eritrosit. Peningkatan proses glikasi menyebabkan transformasi bentuk eritrosit dari diskosit menjadi ekinosit yang akan menurunkan fungsi dari eritrosit yang akan meningkatkan predisposisi terhadap timbulnya komplikasi.
Tujuan: Untuk menghitung dan membandingkan jumlah sel ekinosit pada kelompok pasien DM tipe 2 terkontrol dan tidak terkontrol.
Metoda: Dilakukan pembuatan GDT dan penghitungan jumlah sel ekinosit dalam 1000 eritrosit pada kedua kelompok, yang telah memeriksakan kadar HbA1c di RSDM Surakarta. Dilakukan pembandingan jumlah sel ekinosit pada kedua kelompok dengan menggunakan uji beda berdasarkan kadar HbA1c.
Hasil: Sejumlah 58 pasien DM tipe 2 terlibat dalam penelitian ini, dengan 29 pasien pada tiap kelompok. Nilai median jumlah sel ekinosit pada kelompok DM tipe 2 terkontrol sebesar 4(3-6) sel dan pada kelompok DM tipe 2 tidak terkontrol 7(5-12) sel dengan p<0,001.
Simpulan: Terdapat perbedaan jumlah sel ekinosit antara pasien DM tipe 2 terkontrol dan tidak terkontrol yang berbeda secara signifikan dengan nilai p<0,001.
Kata kunci: ekinosit, HbA1c, diabetes mellitus terkontrol dan tidak terkontrol

×
Penulis Utama : Budi Cahyadi Suciadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501102011
Tahun : 2015
Judul : Perbandingan Jumlah Sel Ekinosit antara Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Terkontrol dan Tidak Terkontrol
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Biomedik-S501102011-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Natalia Probandari, dr., MPH.,PhD
2. Tahono, dr.,SpPK-K
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.