Penulis Utama : Arys Rafiah
NIM / NIP : K2310018
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran Fisika berbasis Scientific Approach pada materi Fluida Statis untuk siswa SMA kelas X yang memiliki kategori baik, (2) menjelaskan karakteristik modul pembelajaran Fisika berbasis scientific approach pada materi Fluida Statis untuk siswa SMA kelas X yang memenuhi kriteria baik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model Borg and Gall. Prosedur pengembangan modul yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketujuh dari sepuluh tahapan yaitu (1) pencarian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft modul, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba utama, dan (7) revisi hasil uji coba utama. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif dari angket. Sumber data terdiri dari ahli, reviewer, peer reviewer, dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 39 siswa yang terdiri 9 siswa untuk uji coba awal dan 30 siswa untuk uji coba utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.

Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) modul Fisika berbasis Scientific Approach pada materi Fluida Statis untuk SMA kelas X yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik pada aspek keyalakan isi materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan; (2) karakteristik modul Fisika berbasis Scientific Approach yang memenuhi kriteria baik adalah (a) self instructional, modul mampu membuat siswa membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain. Modul berisi indikator pembelajaran, kegiatan belajar, materi pembelajaran yang dikemas dalam unit-unit kecil, contoh soal, latihan soal, isi modul kontekstual, menggunakan bahasa yang sederhana, terdapat rangkuman, tes evaluasi, kunci jawaban dan daftar pustaka, (b) self contained, seluruh materi pembelajaran dari satu kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh, (c) stand alone, modul yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain, (d) adaptive, modul yang dikembangkan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta fleksibel digunakan.

Kata Kunci: modul, Fisika, Scientific Approach, Fluida Statis.

×
Penulis Utama : Arys Rafiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310018
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Approach Pada Materi Fluida Statis Untuk Siswa Sma Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2310018-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si
2. Dwi Teguh Rahardjo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.