Penulis Utama : Nani Septiana
NIM / NIP : S411208026
×

Salah satu aspek paling penting bagi keberhasilan suatu perusahaan adalah efisiensi. Efisiensi tidak hanya sekadar menekan biaya serendah mungkin tetapi menyangkut pengelolaan hubungan input dan output yaitu bagaimana mengelola faktor-faktor produksi (input) sedemikian rupa sehingga dapat memberikan hasil (output) yang optimal. Suatu perusahaan akan dianggap lebih efisien apabila dengan tingkat input tertentu dapat menghasilkan output lebih banyak atau pada tingkat output tertentu bisa menggunakan input lebih sedikit. Populasi penelitian ini adalah bank umum yang terdaftar pada Bank Indonesia (BI) pada tahun 2010-2013 dengan sampel 17 Bank Umum Konvensional dan 11 Bank Umum Syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengukur tingkat efisiensi dengan menggunakan lima konsep efisiensi; tecnichal efficiency (TE), pure tecnichal efficiency (PTE), scale efficiency (SE), cost efficiency (CE), dan allocative eficiency (AE), kemudian mencari perbedaan tingkat efisiensi antara Bank Umum Konvensional dan Syariah, (ii) menganalisa dan menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat efisiensi Bank Umum Konvensional dan Syariah. Pertama, diketahui bahwa nilai efisiensi Bank Umum Konvensional (BUK) di Indonesia lebih naik dari Bank Umum Syariah (BUS) selama periode penelitian 2010-2013. Hal ini dapat dilihat dari pengukuran tingkat efisiensi menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA), dan untuk menganalisis perbedaan efisiensi tiap kelompok bank, menggunakan uji beda sample t-test.
Langkah kedua menggunakan analisis regresi data panel untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat efisiensi. Berdasarkan uji asumsi klasik yang dilakukan tidak ditemukan variabel yang menyimpang. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan. Dari analisis regresi diketahui bahwa total aset (size), ROA (return on assets), ekuitas (equity), NPL/NPF (non performing loan/finance) berpengaruh pada tingkat efisiensi; tecnichal efficiency (TE), pure tecnichal efficiency (PTE), scale efficiency (SE), cost efficiency (CE), dan allocative eficiency (AE), Bank Umum Konvensional dan Syariah.
Kata Kunci : Efisiensi, DEA (Data Envelopment Analysis), Regresi Data Panel, Bank Umum Konvensional dan Syariah.

 

×
Penulis Utama : Nani Septiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411208026
Tahun : 2015
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi perbankan di indonesia tahun 2010-2013 (Studi Pada Bank Umum Konvensional dan Syariah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Manajemen-S.411208026-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Salamah Wahyuni, SU.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.