Penulis Utama : Aan Suryana
NIM / NIP : S861308001
×

Latar belakang: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dengan film dokumenter tentang materi pembelajaran pendudukan Jepang di Indonesia dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran sejarah (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SMA Plus Informatika Ciamis).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) berupa perlakuan (treatment) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS I SMA Plus Informatika Ciamis. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (siswa, guru, dan kepala sekolah), dokumen, dan foto kegiatan. Melalui tahapan palnning, action, observing,dan reflecting yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dengan film documenter tentang pendudukan Jepang di Indonesia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan sikap terhadap motivasi dan kesadaran sejarah. Hasil belajar yang dicapai pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 42,85%, siklus II meningkat sebesar 60%, dan siklus III meningkat menjadi 85,71%. Sedangkan nilai rata-rata yang dicapai untuk hasil belajar yaitu siklus I memperoleh rata-rata 69,5, kemudian meningkat menjadi 74,42, dan akhirnya pada siklus III meningkat menjadi 79,8. Setelah pemberian perlakuan (treatment) selama tiga siklus hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang dicapai siswa adalah pada siklus I untuk sikap motivasi belajar memperoleh rata-rata 67,9, siklus II meningkat sebesar 76,66, dan siklus III meningkat mencapai 83,11. Sedangkan untuk sikap kesadaran sejarah siswa memperoleh rata-rata untuk siklus I 68,8, siklus II meningkat sebesar 79,4, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 85,05.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division, Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar, Kesadaran Sejarah.

 

×
Penulis Utama : Aan Suryana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861308001
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model pembelajaran student teams achievment division (stad) dengan media film dokumenter tentang materi pembelajaran pendudukan jepang di indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran sejarah (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.861308001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Jubagio, M.Pd
2. Prof. Dr. Herman J Waluyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.