Penulis Utama : Teguh Agil Wibowo
NIM / NIP : K5410061
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Sidoharjo, (2) Untuk mengetahui arahan mitigasi bencana banjir di Kecamatan Sidoharjo, dan (3) Untuk membuat suplemen materi pembelajaran geografi pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam kelas X SMA semester genap.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode survai. Populasi pada penelitian ini adalah semua satuan medan yang terdapat di Kecamatan Sidoharjo yaitu berjumlah 36 satuan medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data adalah data kejadian banjir. Teknik analisis data yang digunakan adalah kerawanan bencana banjir dan mitigasi bencana banjir. Teknik analisis yang digunakan adalah scoring parameter kerawanan bencana banjir, parameter kerawanan banjir antara lain: curah hujan, tutupan lahan, kemiringan lereng, genangan air/potensi banjir, dan kejadian banjir. Parameter kerawanan banjir dilakukan overlay dengan data primer dan data sekunder dilakukan analisis berdasarkan satuan medan mengahasilkan peta kerawanan bencana banjir dan dilakukan penggolonga arahan mitigasi bencana banjir yang sesuai. Hasil penelitian ini digunakan sebagai suplemen materi pokok adaptasi dan mitigasi bencana banjir pada kelas X SMA semester genap.
Hasil penelitian adalah (1) Tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Sidoharjo terdiri dari tiga kelas kerawanan yaitu: (a) Kelas I merupakan kelas tidak rawan luasnya 93,98 ha (2,05%), (b) Kelas II merupakan kelas kerawanan sedang luasnya 4.076,17 ha (88,8%), (c) Kelas III merupakan kelas rawan luasnya 419,85 ha (9,15%).(2) Mitigasi bencana banjir yang sesuai adalah pembuatan tanggul, pengendalian erosi, flood proofing, peramalan & pemasangan early warning system (EWS), serta penyuluhan pada masyarakat. (3) Hasil penelitian sebaran kerawanan banjir dan arahan mitigasi digunakan sebagai suplemen materi pembelajaran pada materi pokok adaptasi dan mitigasi bencana kelas X SMA.
Kata kunci: Kerawanan, Banjir, dan Mitigasi

×
Penulis Utama : Teguh Agil Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5410061
Tahun : 2015
Judul : Analisis tingkat kerawanan dan arahan mitigasi bencana banjir di kecamatan sidoharjo kabupaten sragen tahun 2014 (Sebagai Suplemen Materi Pembelajaran Geografi Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X SMA Semester Genap)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5410061-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ch. Muryani, M.Si
2. Drs. Ahmad, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.