Penulis Utama : Devit Etika Sari
NIM / NIP : S811308055
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dengan Ewb (Electronic Workbench) dalam meningkatkan Aktivitas siswa dan Hasil Belajar siswa pada kompetensi Teknik Elektronika di kelas X TAV 1 SMK Negeri 1 Lengkong.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan selama tiga siklus putaran yang bertujuan untuk megetahui pengelolaanpembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada siswa kelas X TAV 1 di SMK Negeri 1 Lengkong.
Hasil penelitian pada siklus putaran I, II, dan III menunjukan bahwa Aktivitas siswa dalam setiap putaran mengalami Peningkatan. Aktivitas siswa pembelajaran meliputi visual activities, writing activities, drawing activities, oral activities, mmotor activities dan emotional activities. Rata – rata aktivitas siswa yang muncul selama proses pembelajaran pada putaran I sebanyak 45%, pada putaran II sebnayak 76,6%, sedangkan pada putaran ke III mengalami peningkatan sebesar 88,8%. Penilaian hasil belajar siswa pada penelitian ini mencakup tes kinerja dan penilaian portofolio. Penilaian tes kinerja merupakan penilaian psikomotorik siswa pada kegiatan praktek, sedangkan penilaian portofolio merupakan penilaian siswa dari awal pembelajaran sampai akhir berupa penilaian sikap dan psikomotorik. Hasil Belajar siswa secara klasikal pada puatan I sebesar 69,4%, pada putaran II sebesar 86,1% dan pada putaran III meningkat menjadi 94,4%.
Kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe Goup Investigations, EWB (Electronic Workbench), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa.

 

×
Penulis Utama : Devit Etika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811308055
Tahun : 2015
Judul : Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan electronic workbench untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siswa kelas x teknik audio video 1 di smk negeri 1 Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk J
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S.811308055-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.
2. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.