Penulis Utama : Devita Artanti
NIM / NIP : D1212025
×

ABSTRAK
Indonesia pada tahun 2014 dinyatakan sebagai tahun darurat kejahatan  terhadap anak. Hal ini dikarenakan banyaknya laporan kasus-kasus yang menjadikan anak sebagai korban. Tidak hanya kekerasan seksual, hak-hak anak lainnya seperti hak kependudukan dan kebebasan sipil, hak pendidikan dan hak kesehatan pun sulit didapatkan oleh anak.
Dengan perkembangan teknologi komunikasi seperti internet, informasi  seperti ini mudah sekali didapatkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, media sosial seperti Twitter yang awalnya digunakan untuk bersosialisasi dengan pengguna lainnya dan juga sebagai sumber informasi, kini dapat digunakan sebagai media atau saluran opini dalam menyampaikan pendapat mereka.
Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan metode analisis isi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara jenis pesan yang digunakan oleh @komnas_anak dari setiap isu anak yang dan juga untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara arah opini followers dalam isu anak yang disampaikan oleh @komnas_anak selama periode Agustus – Oktober 2014.
Sumber data utama diperoleh dari tweet post @komnas_anak selama periode Agustus – Oktober 2014. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 245 tweet post yang diantaranya adalah tweet dari @komnas_anak  dan juga tweet dari followers yang di retweet oleh @komnas_anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang kemudian besarnya sampel ditentukan dengan kategori yang telah dibuat.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan jenis pesan yang digunakan oleh @komnas_anak dalam setiap isu anak yang disampaikan dan juga ditemukan bahwa perbedaan arah opini followers dalam menanggapi setiap isu anak yang disampaikan oleh @komnas_anak periode Agustus – Oktober 2014.
Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan proses penghitungan melalui uji beda Chi Square. Dari keduanya dihasilkan nilai Chi Square kategori jenis pesan dan isu anak sebesar 49,07 dan kategori arah opini dengan isu anak sebesar12,596. Kemudian dibuktikan bahwa kedua hasil Chi Square melampaui nilai kritis chi kuadrat sebesar 12,592.
Kata kunci: Analisis Isi, Tweet Post, Twitter, Isu Anak, Opini Publik
ABSTRACT
In 2014, Indonesia declared to be year of emergency sexual abuse of children. It is caused there were many case of a crime that children became a victim. Not only sexual abuse, the other right of children such demography rights, civil liberty rights, education rights and medical rights will be difficult to have for children.
Through development of communication such as internet, the kind of that information were easy to have by society. In additional, social media such as Twitter, that was originally as a means to socialize among other users and also as a source of information, lately Twitter as a media or opinion line to deliver the society aspiration.
This research was quantitative description with content analysis method. The purpose of the research were to determined whether or not there were significant difference between the messages used by @komnas_anak of any child issues any to determine there were or not differences between followers opinion of children issues that delivered by @komnas_anak period 2014 August -October.
Data source obtained by tweet post @komnas_anak period 2014 August -October. The population of research were 25 tweet post which include from @komnas_anak and post from followers that were retweet by @komnas_anak. The sample collecting technicques used in this research was purposive sampling which than determinated the size of the sample with category that has been created.
Based on the research, it can be seen the differences messages type of @komnas_anak in every child used that was delivered and found the differences of opinion aim of followers to respond every child issues by @komnas_anak period 2014 August-October.
The result of the research obtained to the count process through Chi Square different test. From beth of the test was produced Chi Square, grade messages type category and child issues for 49,07 and opinion aim category with child  issues for 12,596. Afterward, it can be proved that both of the Chi Square result beyond the critical grade of the Chi Square for 15,592.
Keywords: analysis of the content of the tweet post, twitter, children's Issues, public opinion

×
Penulis Utama : Devita Artanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212025
Tahun : 2015
Judul : Jenis Pesan dan Arah Opini Publik terhadap Topik Isu Anak Studi Analisis Isi Tweet Post dalam Akun Twitter @komnas_anak PeriodeAgustus – Oktober 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1212025-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.