Penulis Utama : Gusti Wahyuni
NIM / NIP : K7111519
×

ABSTRAK

Gusti Wahyuni. PENERAPAN MIND MAPPING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2015.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan langkah-langkah mind mapping dengan multimedia, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana melalui penerapan mind mapping dengan multimedia, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan solusinya dalam penerapan mind mapping dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan mind mapping dengan multimedia sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu pendahuluan, penyampaian, penugasan, kolaborasi, penyampaian hasil, dan penutup, (2) penerapan mind mapping dengan multimedia dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan proses belajar siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan proses dari tiap siklus. Pada siklus I skor rata-rata sebesar 3 atau 75%, siklus II sebesar 3,35 atau 83,86%, dan siklus III sebesar 3,68 atau 92,08%, (3) penerapan mind mapping dengan multimedia dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai dari tiap siklus. Pada siklus I skor rata-rata sebesar 73 dengan persentase ketuntasan 54,24%, pada siklus II sebesar 85 atau 77,84%, dan pada siklus III sebesar 93 atau 98,35%, (4) kendala yang dihadapi dalam penerapan mind mapping dengan multimedia yaitu: (a) penngelolaan kelas belum maksimal, (b) sebagian siswa belum aktif dan antusias dalam memerhatikan penjelasan materi dari guru, (c) masih ada siswa yang pasif dalam menyimpulkan materi pembelajaran. Solusi yang diberikan yaitu: (a) mengarahkan guru untuk lebih memaksimalkan pengelolaan kelas, (b) mengarahkan guru untuk lebih memerhatikan siswa yang belum aktif dan antusias saat pembelajaran, (c) mengarahkan guru untuk memerhatikan siswa yang pasif dengan memberi pertanyaan seputar materi pembelajaran, (d) memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.     
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan mind mapping dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: mind mapping, multimedia, pembelajaran, IPA

 

×
Penulis Utama : Gusti Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111519
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Mind Mapping Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Tentang Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Ilmu Pendidikan/Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111519-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Chamdani, M.Pd.
2. Warsiti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.