Penulis Utama : Muhammad Yufa Syahrani
NIM / NIP : D1812058
×


ABSTRAK
Muhammad Yufa Syahrani, D1812058, Penerapan Software Senayan Library Management System (SLiMS) di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta, D III Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebalas Maret Surakarta, 2015.

Dalam melakukan penerapan teknologi informasi di perpustakaan atau yang sering dikenal dengan istilah otomasi perpustakaan, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta menggunakan bantuan software Senayan SLiMS versi 7 (CENDANA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan software Senayan di perpustakaan dan untuk mengetahui hambatan atau kendala apa saja yang dihadapi ketika melakukan proses penerapan software Senayan di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta.

Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data yaitu menggunakan metode, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta software Senayan digunakan untuk Online Public Access Catalog (OPAC), layanan peminjaman dan pengembalian koleksi, layanan pembuatan kartu anggota perpustakaan, serta pengolahan bahan pustaka.Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat di terangkan bahwa penerapan software di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa hambatan yang ditemui seperti kurangnya pegawai khusus IT, masih sedikitnya pegawai yang menguasai software senayan, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Kata Kunci : SLiMS, Senayan, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah

 

×
Penulis Utama : Muhammad Yufa Syahrani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1812058
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Software Senayan Library Management System (SLiMS) Di kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Perpustakaan-D.1812058-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Nur Kamila, S.IP., M.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.