Penulis Utama : Laila Nur Afianti
NIM / NIP : K2310058
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tida ada miskonsepsi pada materi Dinamika Rotasi Benda Tegar dalam buku Fisika SMA kelas XI; (2) besarnya persentase miskonsepsi pada materi Dinamika Rotasi Benda Tegar dalam buku Fisika SMA kelas XI; dan (3) ada atau tidak adanya keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi Dinamika Rotasi Benda Tegar dalam buku Fisika SMA kelas XI yang ditulis oleh: (a) Marthen Kanginan, Fisika untuk SMA kelas XI Semester 2 cetakan kedua tahun 2007 yang diterbitkan oleh Erlangga; (b) Sri Handayani dan Ari Damari, Fisika untuk SMA dan MA kelas XI cetakan tahun 2009 yang diterbitkan oleh Pusat Perbuakuan Departemen Pendidikan Nasional; (c) Bob Foster, Terpadu Fisika untuk SMA/MA kelas XI semester 2 cetakan tahun 2012 yang diterbitkan oleh yang diterbitkan oleh Erlangga..
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah materi Dinamika Rotasi Benda Tegar di dalam ketiga buku Fisika kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dan wawancara untuk mendapatkan konsep yang benar. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan: (1) tidak ada miskonsepsi pada ketiga yang diteliti; dan (2) ada indikasi keterangan lainnya yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi yaitu: konsep tidak lengkap, konsep tidak ada, salah ketik, kalimat perlu diperbaiki, perlu penambahan gambar, gambar perlu diperbaiki, keterangan gambar perlu diperbaiki, perlu penambahan keterangan gambar, penulisan perumusan perlu diperbaiki, keterangan perumusan perlu diperbaiki; pada ketiga buku SMA Fisika kelas XI yang dianalisis.
Kata Kunci: miskonsepsi, Dinamika Rotasi Benda Tegar.

×
Penulis Utama : Laila Nur Afianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310058
Tahun : 2015
Judul : Analisis miskonsepsi dinamika rotasi benda tegar pada buku ajar fisika sma kelas xi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2310058-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd, M.Si, Ph.D
2. Drs. Surantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.