Penulis Utama : Ant. Yunus Susetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Sri Kresna Barata Karya R.Ng. Ronggowarsito ( dalam kajian struktural dan fungsi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0197008-2003
Subyek : CERITA RAKYAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sri Kresna Barata Karya R. Ng. Ronggawarsita (Dalam Struktural dan Fungsi), Ant. Yunus Susetyo, Sastra Daerah, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2003. Cerita Sri Kresna Barata karya R. Ng. Ronggawarsita merupakan cerita yang menggunakan latar cerita pewayangan, dengan jenis cerita carangan, dan merupakan karya Ronggawarsita yang mendahului cerita Bambang Dwiastha Cariyos Ringgit Purwa.

Meskipun merupakan cerita bersambung, keduanya mempunyai inti cerita yang berbeda. Inti cerita Sri Kresna Barata berkisar pada proses pertapaan Kresna di Giriwaluya hingga ia mencapai anugrah dari dewa, serta perjalanan Kresna dalam mengemban tugas dari dewa untuk menyempurnakan Resi Dwiastha di Giritunggal, karena dianggap melanggar aturan para dewa. Sedangkan cerita Bambang Dwiastha Cariyos Ringgit Purwa bercerita tentang perlambang cinta sejati. Oleh karena itu penulis tidak menyinggung cerita Bambang Dwiastha Cariyos Ringgit Purwa dalam penelitian ini.

Penelitian ini merupakan penelitian sastra, dengan bentuk diskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah naskah cerita Sri Kresna Barata karya R. Ng. Ronggawarsita yang berbentuk tembang macapat yang terdiri dari enam pupuh, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa baru. Naskah cerita Sri Kresna Barata ini telah di alih aksara oleh Raden Mas E. Sayoko Yosopuroyo, dan diubah kedalam bahasa Indonesia oleh S.Z. Hadisutjipto, terdiri dari 6 (enam) pupuh tembang macapat, diterbitkan oleh Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta tahun 1983. Kemudian data yang digunakan adalah unsur-unsur instrinsik yang membangun cerita Sri Kresna Barata karya R. Ng. Ronggawarsita, terutama data-data dalam cerita Sri Kresna Barata yang menunjukkan alasan-alasan penyempurnaan resi Dwiastha oleh para dewa melalui tangan Kresna, serta yang menunjukkan fungsi dari cerita Sri Kresna Barata.

Ada tiga permasalahan yang dibahas dalam tulisan ini, yaitu; pertama, struktur yang membangun cerita Sri Kresna Barata, yaitu meliputi alur, penokohan setting, tema, serta amanat. Struktur cerita tersebut merupakan unsur instrinsik yang digunakan sebagai data untuk penelitian ini. Yang kedua adalah alasan penyempurnaan resi Dwiasta, dimana dalam cerita Sri Kresna Barata dewa melimpahkan tugas tersebut kepada Kresna. Selanjudnya yang ketiga adalah fungsi dari cerita Sri Kresna Barata bagi kehidupan masyarakat.

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan struktur cerita Sri Kresna Barata, serta mengetahui fungsi cerita tersebut bagi kehidupan masyarakat. Prosesnya adalah dengan melalui tahap reduksi data, yaitu mengumpulkan data-data yang ada kemudian diseleksi. Setelah didapat data yang telah diseleksi, kemudian dilakukan analisis data, yang akhirnya bisa ditarik kesimpulan tentang struktur cerita Sri Kresna Barata, yaitu kesimpulan tentang alur cerita, penokohan, setting, tema, serta amanatnya. Kemudian yang kedua adalah kesimpulan tentang isi cerita SKB, yaitu tentang alasan penyempurnaan Dwiastha oleh Kresna. Dan ketiga fungsi dari cerita SKB bagi masyarakat, yaitu mengangkat fungsi naskah sebagai gambaran adat istiadat, kebudayaan, serta alam pikiran masa silam sebagai cermin di hari kemudian. Selain itu, fungsi lain adalah mengambil ajaran-ajaran yang terkandung dalam cerita SKB, dimana tidak jauh menyimpang dari ajaran-ajaran moralitas.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Padija, S.U
2. Drs. Christiana Dwi Wardana, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa