Penulis Utama : Mella Nur Astuti
NIM / NIP : D0111058
×

ABSTRAK
Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen adalah sebagai salah satu organisasi pemerintah di Kabupaten Sragen yang mengemban tugas dalam menyelenggarakan urusan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Perencanaan Strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen dalam pengembangan Desa Wisata Betisrejo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik sampling dilakukan dengan purposive sampling. Validitas datanya dilakukan dengan teknik triangulasi. Adapun analisis datanya dengan menggunakan analisis SWOT dan tes Litmus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan strategi di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen dalam pengembangan Desa Wisata Betisrejo adalah dengan identifikasi mandat, yaitu dari visi organisasi dan dari target Kemenparekraf, menganalisis lingkungan internal maupun eksternal untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan Desa Wisata Betisrejo. Dalam hal ini peneliti menganalisis lingkungan internal maupun eksternal tersebut dengan matriks SWOT. Setelah itu peneliti juga menganalisis isu-isu yang muncul dan melihat isu strategis dari hasil test Litmus. Dari hasil tes litmus tersebut ada 2 isu yang sangat strategis, ada 6 isu yang cukup strategis dan ada 2 isu yang kurang strategis. Dari isu strategis tersebut ada 5 isu yang dijadikan rekomendasi strategi untuk Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen, yang memiliki skor nilai 25 ke atas, yaitu program peningkatan kerjasama dengan pihak - pihak terkait bertujuan untuk pengembangan Desa Wisata Betisrejo; program pengembangan pertanian organik di Desa Wisata Betisrejo; program peningkatan sarana dan prasarana; program pengembangan teknologi untuk promosi; pengemasan paket wisata untuk meningkatkan sumber daya keuangan.
Kata Kunci : proses perencanaan strategi, desa wisata, analisis SWOT, tes Litmus
ABSTRACT
Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga of Sragen Regency is one of the goverment organizations which concerns in tourism. This research presents the process of strategy planning which is held by Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga of Sragen Regency in developing the tourism village of Betisrejo.
This research is conducted in a form of qualitative research using descriptive method. Tha data collection techniques include observation, interview, and document study. The samples are taken using purposive sampling. The data validity is tested using triangulation technique. The research data are analysed using SWOT analysis and Litmus test.
This research shows that the process of strategy planning in Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga of Sragen Regency to develop the tourism village of Betisrejo was held by identifying the mandate which includes the organization visions and the goals of the department; by analysing the internal and external environment to reveal strength, weakness, opportunity and threat that may affect the development of the tourism village of Betisrejo. In this case, the researcher used SWOT matrix to analyse the internal and external environment followed by analysing and observing the emerged issues through the result of Litmus test. The test had revealed there are two strongly-strategic issues, six fair-strategic issues, and two less-strategic issues. From those strategic issues, it could be taken five issues as recommended strategies for the department. Each issue which has a score more than 25 are a program in increasing cooperation among the relevant parties to develop The Tourism Village of Betisrejo; a program in expanding organic farm of The Tourism Village of Betisrejo; a program in increasing facilities; a program in developing technology as a promoting media; a tourism package to rise financial source.
Keywords: The process of strategy planning, The tourism village, SWOT analysis, Litmus test.

×
Penulis Utama : Mella Nur Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111058
Tahun : 2015
Judul : Proses Perencanaan Strategi di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sragen dalam Pengembangan Desa Wisata Betisrejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi-D0111058-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Marsudi, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.