Penulis Utama : Sri Sulystya Ningsih Natalia Daeng Tiring
NIM / NIP : S831308043
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) hasil dari setiap langkah pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing, 2) kelayakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing, 3) efektivitas modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi identifikasi gugus fungsi.
Penelitian menggunakan prosedur Borg & Gall yang telah direduksi menjadi sembilan tahapan: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan rancangan awal produk, 4) tahap uji lapangan awal, 5) tahap revisi produk tahap pertama, 6) tahap uji lapangan utama, 7) tahap revisi produk tahap kedua, 8) tahap uji lapangan operasional, 9) tahap revisi produk akhir.Uji lapangan awal dilakukan di SMKN 1 Trucuk Klaten dan SMKN 2 Sukoharjo. Uji lapangan utama dilakukan di SMKN 1 Trucuk Klaten dan SMKN 2 Sukoharjo. Uji lapangan operasional dilakukan di 3 sekolah yaitu (1) SMKN 1 Trucuk Klaten, (2) SMKN 2 Sukoharjo, (3) SMKN 1 Mojosongo Boyolali. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan tes. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, saran saat uji lapangan. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian validasi modul oleh ahli, penilaian angket pada uji lapangan awal, lapangan utama dan lapangan operasional dan tes hasil belajar pada uji lapangan utama. Efektivitas modul diperoleh dari perbedaan rata – rata hasil belajar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada uji lapangan utama dikelas yang pembelajarannya menggunakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dan yang tidak menggunakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil setiap langkah pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing adalah modul kimia yang telah di validasi dan telah di revisi berdasarkan saran dari para ahli modul dan telah diuji cobakan kepada calon pengguna, (2) Kelayakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan para ahli diperoleh CV = 0,76 yang menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan, dan rata-rata angket respon siswa dan guru pada semua uji diperoleh penilaian dengan kategori “Sangat Baik”. (3) Modul berbasis inkuiri terbimbing efektiv meningkatkan hasil belajar pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa.
Kata Kunci : Modul kimia, inkuiri terbimbing, identifikasi gugus fungsi, hasil belajar siswa

 

×
Penulis Utama : Sri Sulystya Ningsih Natalia Daeng Tiring
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831308043
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi identifikasi gugus fungsi kelas x smk kimia industri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831308043-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D.
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.