Penulis Utama : Dewi Puspa Rini
NIM / NIP : K5409018
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar Tata Surya dan Jagad Raya (2) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar Tata Surya dan Jagad Raya.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment), populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 10 kelas dan sampel yang digunakan untuk penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas X1 dan X10. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar peserta didik menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik yaitu uji-t pada taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian ini adalah (1) ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penggunaan metode Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar Tata Surya dan Jagad Raya bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 1,741 > 1,669 (2) Penggunaan metode pembelajaran Group Investigation (GI) lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peseta didik dibandingkan penggunaan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan nilai rata - rata Group Investigation (GI) lebih besar dari nilai rata – rata Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu 81,235 > 78,303.
Kata Kunci: hasil belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), dan Group Investigation (GI).

 

×
Penulis Utama : Dewi Puspa Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5409018
Tahun : 2015
Judul : Studi komparasi metode pembelajaran stad dengan metode pembelajaran gi terhadap hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar tata surya dan jagad raya kelas x sma negeri 3 Sukoharjo tahun 2013-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5409018-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si
2. Drs. Djoko Subandriyo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.