Penulis Utama : Fasichah Tia Nur
NIM / NIP : S231208003
×

Abstrak
Latar belakang: Fandom adalah sekumpulan penggemar yang tergabung dalam kelompok. Dalam tahap tertentu, penggemar akan mengikuti apapun yang diperbuat dan dipakai oleh idolanya yaitu kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dicerminkan dalam media sosial diantaranya adalah cara berpakaian. Celah ini dimanfaatkan oleh Ahmad Dhani untuk menciptakan produk fashion bernama “Anomali by Ahmad Dhani”. Penelitian ini melihat pada proses penerimaan pesan produk dengan menggunakan teori Encoding-decoding Stuart Hall dan menitikberatkan pada Decoding (pemaknaan pesan).Tujuannya adalahmengetahui dan menganalisis penerimaan pesan produk dilihat dari fandom Ahmad Dhani yang mengunakan facebook “Anomali Corp” dalam pengambilan keputusan membeli produk Anomali by Ahmad Dhani.
Metode: Penelitian dilakukan dengan mengambil informan dari anggota fandom Ahmad Dhani yang tergabung dalam facebook “Anomali Corp”dengan menggunakan pendekatan metodedeskriptif kualitatif melalui pengamatan data level teks  dan wawancaramendalam (indept interview). Subjek penelitian terdiri dari 13 orang meliputi 10 anggota fandom dan 3 orang anggota produsen.
Hasil Penelitian:Hasil penelitian mendiskripsikan bahwa terdapat 9 kategori tipe penerima pesan melalui Teori encoding decoding dari Stuart Hall yang memaknai pesan (decodingyaitu: Dominan hegemoni position, negotiated position danoppositional positionyang dilatarbelakangi olehpengalaman-pengalaman dalam diri fandom meliputiframeworks of knowledge, relations of, dan technical infrastructure
Kata kunci: fandom, pemaknaan pesan (decoding),Dominan hegemoni position, negotiated position., oppositional position, frameworks of knowledge, relations of production, technical infrastructure, pengambilan keputusan membeli.
 

×
Penulis Utama : Fasichah Tia Nur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231208003
Tahun : 2015
Judul : Fan Kingdom dan Keputusan Membeli (Studi Deskriptif Kualitatif Penerimaan PesanProduk “Anomali by Ahmad Dhani” dan Keputusan Membeli di Kalangan Fan Kingdom(Fandom) Ahmad Dhani yang Menggunakan Facebook“Anomali Corp”)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Manajemen Komunikasi-S891308016-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Widodo Muktiyo
2. Drs. Ahmad Adib M.Hum., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.