Penulis Utama : Fitri Mastuti Nurul Fuadah
NIM / NIP : E0011126
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan ahli perdagangan ekspor dan impor dalam pembuktian dakwaan perkara penipuan dan terikat tidaknya hakim terhadap keterangan ahli perdagangan ekspor dan impor dalam memutus penipuan di Pengadilan Negeri Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kasus.  Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan  adalah studi kepustakaan,dengan teknik analisis yang digunakan adalah silogisme deduksi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa keterangan ahli telah berperan dalam pembuktian dakwaan perkara penipuan yang dalam keterangannya ahli memberikan keterangan bahwa surat ijin impor yang digunakan terdakwa untuk meyakinkan para saksi  dalam melakukan kerjasama impor air raksa tidak dapat digunakan  karena bukan merupakan surat ijin impor dan PT.Hikindo Mandiri tidak berwenang melakukan impor air raksa. Hakim menggunakan keterangan ahli dalam pertimbangannya untuk membuktikan Pasal 378 KUHP yang didakwakan kepada terdakwa, sehingga dalam hal ini kekuatan pembuktian keterangan ahli telah mengikat hakim Pengadilan Negeri Bandung dalam menjatuhkan vonis atau putusan kepada terdakwa dalam perkara penipuan.
Kata kunci: Pembuktian, Keterangan Ahli, Hukum Acara Pidana.
ABSTRACT
This research purpose to know export import expert role in prejudgment’s deception case and is judges to be commited to export import expert in adjudicate deception’s case at District Court.
This research using normative method which is preskriptifally and applied. In this research using case’s approach. The sourch of the law using primer and secunder law resources. Law resources collection techniques used is library study which is analysis technically with deduction syllogism.
The result of research showing that expert’s official statement is contribute to evidence in the prejudgment deception’s case. Expert’s official statement giving statement about import’s certificate which is used by defendant to convincing the witness doing coorperation mercury’s import is useless and Hikindo Mandiri Company doesn’t competent to do mercury’s import. The judges using expert’s official statement in his reference to proving article 378 KUHP which is impeachment to the defendant. So in this case the power evidence of expert’s official statement has binding the judges in Bandung’s District Court to adjudication vonis for defendant in deception’s case.
Keywords : Evidence, Expert’s Official Statement, Procedure of Criminal

×
Penulis Utama : Fitri Mastuti Nurul Fuadah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011126
Tahun : 2015
Judul : Tinjauan Peranan Ahli Perdagangan Ekspor dan Impor dalam Pembuktian Dakwaan Perkara Penipuan di Persidangan Pengadilan Negeri Bandung (Studi Putusan Nomor : 564/PID.B/2014/PN.BDG)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011126-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristiyadi, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.