Penulis Utama : Indah Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K.3110035
Tahun : 2015
Judul : Role playing untuk meningkatkan religiusitas pada siswa kelas xi smk murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3110035-2015
Subyek : ROLE PLAYING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik role playing dalam meningkatkan religiusitas pada siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Religiusitas adalah sebagian dari moral yang mengatur nilai-nilai perbuatan baik dan buruk, tata peribadatan manusia kepada Tuhan, keimanan, tunduk dan taat kepada Tuhan,  serta menjadikan pelakunya taat beragama yang diwujudkan dalam perilakunya sehari-hari yang pada kenyataan di lapangan religiusitas siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan.
Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 14 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan skala religiusitas. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis persentase dan analisis klinis.
Hasil analisis siklus I menunjukkan bahwa siswa sudah mulai melaksanakan shalat berjamaah, akan tetapi jika tidak diingatkan masih kerap membolos, tapi di sisi lain peningkatan mulai menghargai guru. Didukung hasil persentase peningkatan religiusitas subjek sebesar 22,6%. Hal tersebut dapat dimaknai bahwa pada siklus I terjadi peningkatan tapi belum signifikan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil analisis klinis siklus II subjek sudah mengikuti shalat berjamaah dengan tertib, sudah mulai berperilaku sopan, mengurangi berkata perkataan kasar dan jorok, sudah mulai peduli pada orang lain yang membutuhkan bantuan. Pada siklus II terjadi peningkatan religiusitas sebesar 53,6%. Hasil analisis tersebut menunjukkan peningkatan religiusitas yang signifikan pada subjek penelitian. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa role playing efektif untuk meningkatkan religiusitas pada siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: role playing, religiusitas, bimbingan kelompok

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. Halaman Depan Skripsi.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
IMG_20150602_0009.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah HA, M.Pd,
2. Dra. Sri Wiyanti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP