Penulis Utama : Praditya Adiworo
NIM / NIP : I0308112
×

Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui pengaruh musik terhadap kemampuan matematik mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2) Untuk mengetahui jenis musik apakah yang lebih banyak berpengaruh terhadap kemampuan matematik mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jenis desain eksperimen yang dipilih adalah desain eksperimen single-factor experiment karena model tersebut dengan analisis variansi (ANOVA) dapat digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengauh faktor terhadap kemampuan. Desain ini disebut single-factor experiment karena factor yang diamati pengaruhnya dalam penelitian ini hanya satu yaitu jenis musik. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Eksperimen ini dilakukan untuk meneliti seberapa besar pengaruh penggunaan musik terhadap kemampuan matematik mahasiswa Teknik industri UNS. Faktor ini terdiri dari lima level, yaitu musik campursari, klasik, pop, rock dan tanpa musik. Setiap jenis musik ini diset pada tingkat kebisingan yang sama yaitu 70 db. Unit eksperimen dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa teknik industri UNS yang menjawab soal matematika yang diberikan oleh peneliti dengan replikasi 2 kali. Variabel kemampuan matematik yang diukur adalah banyaknya jawaban yang benar.
Berdasarkan hasil uji, dapat diketahui bahwa kemampuan matematik mahasiswa lebih tinggi dengan mendengarkan musik bila dibandingkan tanpa musik. Jenis musik yang memiliki pengaruh signifikan pada kemampuan matematik mahasiswa TI UNS adalah jenis musik Pop hal ini berkaitan dengan selera musik mayoritas responden.
Kata Kunci : Jenis Musik, Kemampuan Matematik, Desain Eksperimen

 

×
Penulis Utama : Praditya Adiworo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0308112
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh musik terhadap kemampuan matematik mahasiswa ti UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I.0308112-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Suhardi, ST, MT
2. Wakhid Ahmad Jauhari, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.