Penulis Utama : Dian Indri Purnamasari
NIM / NIP : T431108013
×

Pengaruh Lingkungan Dinamis terhadap Partisipasi Anggaran
dengan Proses Informasi sebagai Variabel Mediasi
(Studi Empiris pada Persepsi Manajer dan Staf
BUMN Go Public di Indonesia)
Dian Indri Purnamasari
Rahmawati
Mulyanto
Universitas Sebelas Maret
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menemukan bukti empiris dan mengkaji faktor yang mempengaruhi partisipasi anggaran, yaitu pengaruh: (i) lingkungan dinamis terhadap partisipasi anggaran, (ii) lingkungan dinamis terhadap proses informasi (task exceptions, analisis tugas, teknologi informasi, dan sistem informasi), (iii) proses informasi terhadap partisipasi anggaran, dan (iv) proses informasi yang memediasi pengaruh lingkungan dinamis terhadap partisipasi anggaran. Penelitian ini juga bertujuan mengkaji aspek perbedaan dalam partisipasi anggaran, yaitu perbedaan berdasarkan: (i) skor penilaian kualitas penerapan Corporate Governance (CG) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), (ii) pembagian sektor industri BUMN, dan (iii) pengalaman kerja manajer BUMN.
Penelitian ini menggunakan data primer melalui mail survey terhadap persepsi manajer dan staf Divisi Perencanaan dan Anggaran di 19 BUMN Terbuka di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan untuk mengukur penilaian kualitas penerapan CG berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Keuangan Nomor: SK-16/S.MBU/2012. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi anggaran dan menggunakan ANOVA untuk mengkaji aspek perbedaan dalam partisipasi anggaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) lingkungan dinamis berpengaruh positif terhadap partisipasi anggaran, (ii) lingkungan dinamis berpengaruh positif terhadap proses informasi (task exceptions, analisis tugas, teknologi informasi, dan sistem informasi), (iii) proses informasi berpengaruh positif terhadap partisipasi anggaran, (iv) proses informasi memediasi pengaruh lingkungan dinamis terhadap partisipasi anggaran, dan (v) terdapat perbedaan partisipasi anggaran pada pengalaman kerja manajer BUMN, namun tidak terdapat perbedaan partisipasi anggaran berdasarkan skor penilaian kualitas penerapan CG, dan pembagian sektor industri BUMN.
Kata Kunci: Lingkungan Dinamis, Proses Informasi, Partisipasi Anggaran, Analisis Tugas, Teknologi.

 

×
Penulis Utama : Dian Indri Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T431108013
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Lingkungan Dinamis Terhadap Partisipasi Anggaran Dengan Proses Informasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris Pada Persepsi Manajer Dan Staf Badan Usaha Milik Negara Go Public Di Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Akuntansi-T.431108013-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak
2. Dr. Mulyanto, ME
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.