Penulis Utama : Doni Suryanto
NIM / NIP : F3612029
×

ABSTRAK

UPAYA PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero), Tbk KANTOR CABANG SOLO

DONI SURYANTO
NIM. F3612029


Sebuah bank tidak akan lepas dari kredit bermasalah. Terdapat berbagai macam faktor penyebab kredit bermasalah dan cara menanganinya. Maka pengamatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kredit bermasalah beserta penanganannya pada PT. BTN (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi dengan pengamatan langsung dilapangan, wawancara dengan pihak bank dan studi pustaka dengan melihat bacaan-bacaan yang berhubungan dengan penelitian.
Hasil pengamatan menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab kredit bermasalah pada PT. BTN (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo adalah faktor  Intern bank, faktor Intern debitur dan faktor ekstern. Faktor intern bank antara lain kelemahan dalam menganalisis data dan kelemahan dalam pengawasan kredit. Faktor Intern debitur yaitu kelemahan karakter debitur dan usaha yang tidak lancar. Faktor Ekstern adalah globalisasi ekonomi yang berdampak negatif, Peraturan pemerintah dan peraturan BI yang merugikan dan faktor alam yang berakibat negatif. Penanganan kredit bermasalah pada PT. BTN (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo yaitu dengan penanganan secara non litigasi dan penanganan secara litigasi.  Penanganan secara non litigasi yaitu Pembinaan debitur dan Restrukturisasi kredit. Sedangkan penanganan secara litigasi yaitu penyelesaian kredit melalui pengajuan klaim asuransi, penyelesaian kredit melalui pengadilan negeri dan penyelesaian kredit melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).


Kata Kunci: Kredit Bermasalah, NPL, Faktor Kredit Bermasalah, Penanganan Kredit Bermasalah.

 

×
Penulis Utama : Doni Suryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3612029
Tahun : 2015
Judul : Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2015
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F.3612029-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani, Msi,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.