Penulis Utama : Eriria Imam Saputra
NIM / NIP : I0110043
×

ABSTRAK

Eriria Imam Saputra, 2015. KINERJA BETON SERAT MENGGUNAKAN UJI TOUGHNESS PANEL PADA KANDUNGAN SERAT YANG BERBEDA. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Beton merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk konstruksi. Material ini memiliki kuat tekan tinggi, sebaliknya kelemahannya adalah kuat tarik yang sangat kecil, mudah retak karena getas. Berbagai bangunan infrastruktur misalnya terowongan memerlukan material daktail, yaitu dengan mencampurkan serat baja kedalam beton. Skripsi ini menyajikan uji toughness panel beton serat baja berdasarkan metode EFNARC dengan berbagai kandungan serat.
Empat campuran beton serat 20 kg/m3, 40 kg/m 3,60 kg/m3, dan 80 kg/m3 beton dan satu campuran beton tanpa serat sebagai pembanding disiapkan. Beton serat berbahan beton normal yang dicampur serat baja berbentuk end-hooked DRAMIX RC80/60 BN. Setiap campuran beton dicetak dalam tiga panel berukuran 600 mm x 600 mm x 100 mm. Benda uji diuji beban pada umur 28 hari. Kurva hubungan beban-deformasi masing–masing benda uji dicatat dan dibandingkan.
Hasil pengujian menunjukan bahwa serat mempengaruhi kurva beban– deformasi. Beton tanpa serat retak dan langsung runtuh setelah mencapai beban maksimal. Sedangkan benda uji beton serat menunjukkan keruntuhan daktail, dimana setelah beban maksimal tercapai masih dilanjutkan kurva beban–deformasi akibat proses cabut serat dari beton serat yang retak. Pengaruh kandungan serat adalah semakin tinggi kandungan serat semakin tinggi kurva beban-deformasi benda uji. Semakin tinggi dosis serat maka energi untuk keruntuhan benda uji makin tinggi. Pada pengujian ini energi tertinggi ditunjukkan oleh benda uji 80 kg/m3dengan energi 56,604 Joule. Kandungan serat juga mempengaruhi pola retak benda uji. Semakin tinggi kandungan serat, jumlah retak yang terjadi semakin banyak. Interaksi beton dan serat cenderung memunculkan retak baru sebelum terjadi keruntuhan pada saat pemberian beban pada benda uji.

Kata kunci :beton serat, uji toughness panel, EFNARC, serat baja, energi absorpsi

 

×
Penulis Utama : Eriria Imam Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0110043
Tahun : 2015
Judul : Kinerja Beton Serat Menggunakan Uji Toughness Panel Pada Kandungan Serat Yang Berbeda (performance of fiber reinforced concrete containing various fiber dosages on panel toughness test)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0110043-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. techn. Ir. Sholihin As’ad, MT
2. Achmad Basuki, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.