Penulis Utama : Rahmat Wijayanto. J
NIM / NIP : K6410049
×

ABSTRAK

Rahmat Wijayanto. J. REVITALISASI SELOKO ADAT JAMBI GUNA PEWARISAN NILAI BUDAYA LOKAL DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI NORMA KEBIASAAN ANTAR DAERAH DI INDONESIA (Studi Masyarakat Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi) Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana eksistensi Seloko Adat Jambi di Desa Muaro Jambi sebagai budaya lokal (2) Bagaimana revitalisasi Seloko Adat Jambi guna pewarisan nilai budaya lokal di Desa Muaro Jambi (3) Bagaimana relevansi Seloko Adat Jambi terhadap pengembangan materi norma dan kebiasaan antar daerah di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara, observasi serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan review informan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan Data (2) Reduksi Data (3) Sajian Data (4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahap Pra Penelitian (2) Tahap Pekerjaan Lapangan (3) Tahap Analisis Data (4) Tahap Penyusunan Laporan Penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Seloko Adat Jambi tidak lagi dikenal secara luas oleh masyarakat atau tidak eksis lagi. Hal itu dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa minimnya pengetahuan dan penggunaan Seloko Adat Jambi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di beberapa tempat telah dianggap bahwa warganya mulai meninggalkan Seloko Adat Jambi. (2) Dengan fakta tidak eksisnya Seloko Adat Jambi, maka ada upaya revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah, lembaga adat, dan juga masyarakat. Revitalisasi Seloko Adat Jambi di Desa Muaro Jambi telah dilakukan dengan cara internalisasi dan sosialisasi. (3) Kajian dalam skripsi ini relevan dan dapat dimasukkan menjadi bahan ajar atau materi penunjang pada Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi norma dan kebiasaan antar daerah di Indonesia. Seloko Adat Jambi sebagai budaya di antara keragaman budaya yang ada di Indonesia sudah memenuhi prinsip-prinsip relevansi untuk mengembangkan materi tersebut.

Kata kunci: Revitalisasi, Seloko Adat Jambi, Budaya Lokal

 

×
Penulis Utama : Rahmat Wijayanto. J
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6410049
Tahun : 2015
Judul : Revitalisasi Seloko Adat Jambi Guna Pewarisan Nilai Budaya Lokal Dan Relevansinya Terhadap Materi Norma Dan Kebiasaan Antar Daerah Di Indonesia (Studi Masyarakat Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6410049-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Moch. Muhtarom, S.Ag, M.Si.
2. Dewi Guanawati, S.H, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.