Penulis Utama : Ries Dinis Hawa
NIM / NIP : D1812092
×

 ABSTRAK

Ries Dinis Hawa,  D1812092,  2015. Penggunaan Software  SIM-PUS Pada Input Data Koleksi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk penggunaan software SIM-PUS yang digunakan dan hambatan dalam penggunaan software SIM-PUS pada input koleksi bahan pustaka
Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Islam Batik Surakarta dengan tiga metode yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode studi pustaka.
Hasil Observasi menunjukkan software SIM-PUS dalam penggunaannya sudah efisien dan efektif serta menghemat waktu dalam meng-input data koleksi bahan pustaka. Tetapi aplikasi software SIM-PUS di perpustakaan UNIBA masih perlu ada yang diperbaiki seperti kolom jenis pada menu inventarisasi yang seharusnya diganti dengan skripsi bukan tugas akhir. Aplikasi SIM-PUS juga berupaya untuk memperbaiki program software agar lebih canggih.
Adapun saran yang penulis sampaikan untuk lebih mengembangkan program software di UPT Perpustakaan Universitas Islam Batik Surakarta, yaitu: 1) Aplikasi SIM-PUS dalam peng-inputan koleksi bahan pustaka dibuat sistem pengkatalogan agar menjadi efisien dan mudah menemukan data koleksi bahan pustaka yang dibutuhkan serta menggunakan digital library untuk bisa dipergunakan mengupload file skripsi atau tugas akhir tiap bab. 2) Layanan pengolahan koleksi bahan pustaka yang dilakukan pustakawan dalam meng-input koleksinya pada aplikasi software SIM-PUS harus mengolah bahan koleksi dengan baik, benar, dan lebih teliti. 3) Menu inventarisasi pada kolom jenis koleksi bahan pustaka harus diganti dan diperbaiki jenisnya agar sesuai dengan koleksi bahan pustaka yang diinput. 4) Barcodenya tidak dapat di scan karena alat scanner di UPT. Perpustakaan UNIBA tidak berfungsi dengan baik hendaknya segera diperbaharui sehingga barcodenya dapat dipakai. 5) Kinerja program aplikasi software SIM-PUSnya dibuat lebih baik lagi dalam mengolah koleksi bahan pustaka supaya lebih mudah digunakan.


Kata Kunci : Aplikasi software SIM-PUS, digital library, kinerja program

 

×
Penulis Utama : Ries Dinis Hawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1812092
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan Software SIM-PUS Pada Input Data Koleksi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Perpustakaan-D.1812092-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Sholihin, S.Ag., S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.