Penulis Utama : Yoga Prasetya
NIM / NIP : I0407064
×

PENGARUH FRAKSI VOLUME PARTIKEL TERHADAP KETAHANAN BAKAR KOMPOSIT FLY ASH-RIPOXY R-802

Yoga Prasetya
Jurusan Teknik Mesin
Universitas Sebelas Maret
Email: ablaze666@gmail.com

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh fraksi volume serbuk/partikel fly ash (FA) terhadap ketahanan bakar (burning rate dan surface burning) komposit partikel FA-ripoxy R-802.
Resin ripoxy R-802 yang mempunyai sifat flame resistance digunakan sebagai matrik. Serbuk FA (limbah sisa pembakaran batubara) diayak untuk menghasilkan serbuk dengan ukuran ≤ 75 μm (lolos mesh 200). Serbuk FA dipanaskan di dalam oven pada suhu 105 oC selama 45 menit. Kemudian serbuk FA dicampurkan dengan resin ripoxy R-802 pada variasi fraksi volume FA terhadap resin 0-50%. Pembuatan komposit dilakukan dengan metode hand lay-up dengan press mould. Komposit dikenakan perlakukan finishing dan post curing di dalam oven pada suhu 80 oC selama 120 menit. Pengujian ketahanan bakar komposit ini dilakukan sesuai standar ASTM D-635 untuk burning rate dan ASTM D-5048 untuk surface burning. Indikator dari burning rate ditentukan dari data time to ingnition (TTI) dan rate of burning (ROB). Indikator dari surface burning ditentukan dari ada atau tidak adanya lubang pada spesimen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan fraksi volume serbuk FA meningkatkan ketahanan bakar komposit FA-ripoxy R-802. Hal ini ditunjukan pada pengujian burning rate penambahan fraksi volume serbuk FA meningkatkan TTI dan menurunkan ROB. Pada pengujian surface burning, penambahan fraksi volume serbuk FA dapat mengurangi dekomposisi komposit yang ditunjukan oleh semakin rendahnya tinggi cembungan dan mengecilnya diameter cembungan.

Kata kunci: fly ash, ripoxy R-802, burning rate, time to ignition, rate of burning, surface burning.

 

×
Penulis Utama : Yoga Prasetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0407064
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Fraksi Volume Partikel Terhadap Ketahanan Bakar Komposit FLY ASH-RIPOXY R-802
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Mesin-I.0407064-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.