Penulis Utama : Wahyu Astuti
NIM / NIP : C0210072
×

ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana struktur dan peranan kelas industri prostitusi dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam? (2) Bagaimana potret industri prostitusi dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam? (3) Bagaimana dampak dari sistem kapitalis industri prostitusi bagi Pekerja Seks Komersial (PSK) dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur kelas industri prostitusi beserta peranannya yang terdapat dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam. (2) Mengetahui potret industri prostitusi yang terdapat dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam. (3) Mengungkap dampak-dampak yang terjadi dari sistem kapitalisme pada industri prostitusi dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek material pada penelitian ini adalah novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam karya Putu Oka Sukanta yang didalamnya terkandung sistem kelas sosial industri prostitusi beserta potret dari industri prostitusi di Batam. Objek formalnya adalah kelas-kelas sosial dan gambaran prostitusi yang terdapat dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam.
Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) kelas sosial industri prostitusi yang terdapat dalam novelet Di Atas Siang Di Bawah Malam dikelompokkan menjadi dua yaitu kaum borjuis dan kaum proletar. Kaum borjuis terdiri dari tamu/pelanggan yang berperan sebagai pembeli PSK, aparat pemerintah yang terdiri dari pemerintah daerah dan polisi yang berperan sebagai penyelenggara dan keamanan, calo yang berperan sebagai pencari PSK baru, dan germo yang berperan sebagai pemilik rumah prostitusi. Kaum proletar terdiri dari Pekerja Seks Komersial (PSK) beserta faktor-faktor penyebabnya yaitu faktor kejiwaan, faktor sosial-ekonomi, faktor perdagangan manusia. (2) Dari potret prostitusi dalam novelet Di Atas Di Bawah Malam dapat diambil kesimpulan berupa: gambaran umum, keadaan rumah bordil, data umum PSK meliputi umur, daerah asal, pendidikan, dan status perkawinan, selain itu juga didapatkan gambaran lingkungan sosial PSK, gambaran mengenai germo dan calo, terakhir gambaran mengenai kebijakan pemerintah. (3) Dampak sistem kapitalisme bagi PSK berupa dampak fisik meliputi penyiksaan dan tingkat kesehatan, dampak sosial-ekonomis, dampak psikologis, perlindungan hukum meliputi tingkat internasional, tingkat nasional, hukum prostitusi, hukum aborsi, dan hukum perdagangan manusia.

×
Penulis Utama : Wahyu Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210072
Tahun : 2015
Judul : Sistem Kelas Industri Prostitusi dalam Novelet Di Atas Siang di Bawah Malam Karya Putu Oka Sukanta (Tinjauan Kritik Sastra Marxisme)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C0210072-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.