Penulis Utama : Yudha Adhitya
NIM / NIP : F0311123
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak perusahaan.Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan yang diukur menggunakan indeks pengungkapan CSR yang telah disesuaikan dengan peraturan Bapepam No.VIII.G.2.Masing-masing kategori CSR juga di analisis untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing kategori terhadap agresivitas pajak.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan ukuran effective tax rates.
Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2012) dengan menggunakan 82 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2013 sebagai sampel penelitian.Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan diperoleh 41 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria.Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukanCSR kategori lingkungan, energi, produk, dan keterlibatan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan CSR secara keseluruhan,kategori kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, lain-lain tentang tenaga kerja, dan umum tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Hasil ini disebabkan karena kegiatan CSR di Indonesia merupakan hal yang wajib dan telah diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas sehingga menyebabkan pengungkapan CSR perusahaan satu dengan lainnya tidak bervariasi karena setiap perusahaan melakukan kegiatan CSR yang hampir sama.
Kata kunci    : corporate social responsibiltiy dan agresivitas pajak
ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the effect of corporate social responsibility (CSR) on corporate tax aggressiveness. The independent variable in this study is corporate social responsibility disclosure which measured by index that has been adjustedwith Bapepam No.VIII.G.2.Each of categories of CSR also analyzed to determine the effect of each category against tax aggressiveness. The dependent variable in this study is tax aggressiveness that measured with effective tax rates.
This study is a replication of Lanis and Richardson (2012) by using 82 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2012-2013 as the sample. Samples were selected by purposive sampling method and finally obtained 41 manufacturing companies per year that fulfill the criteria. Data were analyzed using multiple regression analysis model.
The results shows that CSR category of the environment, energy, products, and community involvement has significant effect on tax aggressiveness. While the overall CSR, the category health and labor safety, others on labor, and the public has no significant effect on tax aggressiveness.This result is due to CSR activities in Indonesia are mandatory and regulated in UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas resulting companies CSR disclosure does not vary each other because each company's CSR activities are almost the same.
Keywords    : corporate social responsibilityandtax aggressiveness

×
Penulis Utama : Yudha Adhitya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0311123
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F0311123-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nasyiah Hasanah Purnomowati, S.E., M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.