Penulis Utama : Ajeng Cahya Nurani
NIM / NIP : K1211004
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks negosiasi dan (2) meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dengan model discovery learning.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 7 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 dan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah peristiwa proses pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, kajian dokumen, pemberian tes dan wawancara. Validitas data digunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan penggunaan media video, foto, gambar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks negosiasi dan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 7 Surakarta. Peningkatan kualitas pembelajaran menulis teks negosiasi ditandai dengan peningkatan nilai kinerja guru dan kinerja siswa. Nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I = 69,54 (cukup); siklus II = 77,60 (baik); dan siklus III = 87,50 (baik). Sementara itu, nilai rata-rata kinerja siswa pada siklus I = 6,0 (cukup), siklus II = 7,55 (baik), dan siklus III = 8,2 (baik). Adapun peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis teks negosiasi mencapai 74,90 dengan persentase ketuntasan sebesar 43,75%. Pada siklus II mencapai 79,64 dengan persentase ketuntasan 71,875%, dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 84,57 dengan persentase 90,625%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model discovery learning dengan penggunaan media video, foto, gambar efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks negosiasi.
Kata kunci: kemampuan menulis, teks negosiasi, discovery learning

×
Penulis Utama : Ajeng Cahya Nurani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211004
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Melalui Penerapan Pembelajaran Model Discovery Learning di Kelas X IIS 2 SMA Negeri 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa dan Seni-K1211004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M. Pd
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.