Penulis Utama : Bintang Wibiandaru
NIM / NIP : F3612016
×

ABSTRAK
PT. BPR Nguter Surakarta adalah salah satu lembaga keuangan yang berlokasi di Jl. Honggowongso No. 69 Surakarta. Tujuan dari PT. BPR Nguter Surakarta adalah untuk membantu pembiayaan usaha yang bergerak di bidang usaha mikro khususnya di wilayah eks karisidenan Surakarta. PT. BPR Nguter Surakarta memiliki beberapa jenis produk kredit, yang diantaranya yaitu kredit proaktif. Kredit proaktif dimulai dari tahun 2011 oleh PT. BPR Nguter Surakarta, dengan tujuan utama untuk mendanai atau membiayai calon nasabah dan nasabah yang akan membuka maupun menjalankan showroom kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. Pembukaan showroom tersebut dapat menjadi lapangan kerja bagi nasabah serta karyawannya, dimana era saat ini sudah sulit mendapatkan lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pemberian dan pengawasan kredit proaktif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2015 yang bertempat di PT. BPR Nguter Surakarta, Jl. Honggowongso No. 69 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder, sumber data yang diperoleh yaitu data yang berkaitan dengan kredit proaktif pada PT. BPR Nguter Surakarta. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara serta mengumpulkan data – data yang berkaitan dengan kredit proaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptif.
Pembahasan dari penelitian ini menjelaskan mengenai mekanisme pemberian dan pengawasan berjalannya kredit proaktif pada PT. BPR Nguter Surakarta dengan proses pemberian dan ketentuan kredit yang mudah dan cepat serta pengawasan kredit yang dilakukan secara internal dan eksternal untuk mencegah terjadinya kredit bermasalah yang merugikan pihak BPR.
Saran dari penelitian ini adalah tetap memberikan proses pemberian kredit yang mudah dan cepat untuk mempertahankan nasabah serta terus meningkatkan pengawasan berjalannya kredit proaktif terhadap nasabah kredit proaktif agar tidak terjadi kredit bermasalah yang merugikan pihak PT. BPR Nguter Surakarta.
Kata kunci : Mekanisme Pemberian Kredit, Pengawasan Kredit,Kredit Proaktif
ABSTRACT
PT BPR Nguter Surakarta is one of the financial institutions located in JL. Honggowongso No. 69 of Surakarta. The purpose of PT BPR Nguter Surakarta was to help business financing in micro enterprises especially in the area of the former karisidenan of Surakarta. PT BPR Nguter Surakarta has several types of credit products, such as proactive. Proactive credit starting in 2011 by PT BPR Nguter Surakarta, with the main objective to fund or finance a prospective customer and client will open and run the car good for motor showroom or motor. The opening of the showroom can be employment for clients as well as employees, where the current era is already difficult to get employment. This research aims to find out how the mechanism of granting and supervision of proactive credit. This research was conducted in February 2015 in PT BPR Nguter Surakarta, JL. Honggowongso No. 69 of Surakarta. The methods used in this research using primary and secondary data types, data source obtained that data pertaining to proactive credit on PT. BPR Nguter Surakarta. Data collection techniques, namely by means of observation, interview and collect data – data related to proactive credit. This type of research is a research diskriptif.
Discussion of this research describes the mechanism of granting and monitoring credit goes proactive in PT BPR Nguter Surakarta with credit granting processes and conditions that are easy and fast as well as credit monitoring is done internally and externally to prevent the occurrence of an adverse party bad debt BPR.
The advice of this research is to keep providing the credit granting process is easy and fast to maintain customer and continue to improve supervision over credit customer credit towards proactive be proactive so as not to place an adverse party bad debt PT BPR Nguter Surakarta.
Key words : Mechanisms for granting credit, Credit Monitoring, Proactive Credit.

×
Penulis Utama : Bintang Wibiandaru
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3612016
Tahun : 2015
Judul : Mekanisme Pemberian dan Pengawasankredit Proaktif pada PT. BPR Nguter Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Keuangan dan Perbankan-F3612016-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, SE, MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.