Penulis Utama : Selly Prita Dewi
NIM / NIP : E0011286
×

ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai nilai dari kesaksian orang tua kandung korban dan implikasi dari kesaksian orang tua kandung korban dalam perkara persetubuhan terhadap anak dibawah umur.    Penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan studi kepustakaan untuk teknik pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesaksian yang diberikan oleh orang tua kandung korban bernilai sebagai alat bukti yang sah, karena dalam memberikan keterangan saksi terlebih dahulu disumpah dan saksi telah memberikan kesaksiannya di sidang pengadilan. Sedangkan implikasi dari kesaksian orang tua kandung korban dalam perkara persetubuhan anak dibawah umur adalah memberikan efek jera bagi pelaku, dan mencegah adanya tindak pidana persetubuhan terhadap anak dibawah umur, serta memberikan rasa keadilan kepada korban dengan hukuman yang telah dijatuhkan oleh hakim kepada pelaku.
Kata kunci: persetubuhan, anak dibawah umur, kesaksian, orang tua kandung korban
ABSTRACT
This research examines and answer the problems concerning the value of the testimony of the victim's parents and the implications of the testimony of the victim's parents in the case of intercourse against minors.
This research using prescriptive of normative research and Engineering Applied Sciences. Sources of legal materials used are the primary legal materials and secondary legal materials using bibliography study for data collection techniques. Legal substance analysis technique used is the method of deductive syllogism with a pattern of thinking.
Research results show that the testimony given by the victim's parents valued as valid evidence, because in giving sworn testimony and witness first witnesses had testified in court. While the implications of the testimony of the victim's parents in the case of children under the age of sexual intercourse is to provide a deterrent for the perpetrators, and prevent criminal acts against children under the age of sexual intercourse, as well as provide a sense of justice to the victims with the sentence imposed by the judge to the perpetrators.
Keywords: intercourse, minors, the testimony, the victim's parents

×
Penulis Utama : Selly Prita Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011286
Tahun : 2015
Judul : Tinjauan Mengenai Pemberian Kesaksian Orang Tua Kandung Korban dan Implikasinya Terhadap Putusan yang Dijatuhkan oleh Hakim dalam Perkara Persetubuhan Anak Dibawah Umur (Studi Putusan Pengadilan Negeri Surakarta Nomor : 158/PID.SUS/2013/PN.SKA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011286-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Edy Herdyanto, S.H.,M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.