Penulis Utama : Deni Ardiawan
NIM / NIP : F1212015
×

ABSTRAKSI
Pasar modal merupakan salah satu instrumen ekonomi yang saat ini mengalami perkembangan pesat, dijadikan indikator dan penunjang kemajuan perekonomian suatu negara. Peristiwa politik berkaitan erat dengan kinerja perekonomian suatu negara seperti kudeta, pergantian presiden, dan kebijakan-kebijakan lainnya. Tidak stabilnya harga minyak bumi seringkali memaksa pemerintah untuk merancang rencana-rencana strategis baru yang diiringi dengan implementasi konsep yang jelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham pada Bursa Efek Indonesia. Dalam hal ini terdapat 3 peristiwa yaitu kenaikan harga BBM, penurunan harga BBM, penurunan harga BBM.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 perusahaan pada sektor perbankan dan 39 perusahaan pada sektor aneka industri tahun 2014-2015 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Aplikasi Microsoft office excel dan SPSS 21 yang digunakan sebagai alat analisis pada penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan setelah adanya kebijakan harga BBM oleh pemerintah pada sektor perbankan dan sektor aneka industri dan terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity sebelum dan setelah kenaikan harga BBM tanggal 17 November 2014 pada sektor perbankan, namun pada sektor aneka industri tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada peritiwa penurunan harga BBM tanggal 1 Januari 2015 dan 21 Januari 2015 pada sektor perbankan dan sektor aneka industri tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Kata Kunci : event study, abnormal return dan trading volume activity
ABSTRACT
The capital market is one economic instrument which is currently experiencing rapid development, made progress indicators and supporting the economy of a country. Political events closely related to the economic performance of a country such as coups, presidential succession, and other policies. Unstable oil prices often force the government to devise a new strategic plans are accompanied by the implementation of a clear concept.
The purpose of this study was to determine the effect of the pricing policy of fuel oil (BBM) by the government against the abnormal return and trading volume on the Indonesia Stock Exchange. In this case there are three events, namely the increase in fuel prices, the decline in fuel prices, the decline in fuel prices.
This research is a case study. The study population was all companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample in this study were 35 companies in the banking sector and 39 companies in various sectors of the industry in 2014-2015 by using purposive sampling technique. Applications Microsoft Office Excel and SPSS 21 is used as a tool of analysis in this study.
The results showed that no significant difference between the abnormal return before and after the fuel price policies by the government in the banking sector and various sectors of the industry and there are significant differences in trading volume activity before and after the increase in fuel prices on 17 November 2014 at the banking sector , but in various industry sectors there are significant differences. At peritiwa decline in fuel prices dated January 1, 2015 and January 21, 2015 in the banking sector and various sectors of the industry is not a significant difference.
Keywords: event study, stock price, abnormal return and trading volume activity

×
Penulis Utama : Deni Ardiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1212015
Tahun : 2015
Judul : Analisis Kebijakan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah terhadap Harga Saham, Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham (Studi Kasus pada Sektor Aneka Industri dan Sektor Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F1212015-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Harmadi, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.