Penulis Utama : Yosef Krisnanda
NIM / NIP : S411302024
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara innovativeness dengan kinerja, menguji hubungan antara innovativeness dengan kinerja dengan orientasi pasar sebagai pemediasi, serta menguji hubungan antara training dengan kinerja perusahaan dan dengan innovativeness.
Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan pengusaha/pengrajin industri batik di daerah Surakarta, Karanganyar, Sragen dan Lasem yang terpilih sebagai responden sejumlah 83 orang. Data tentang innovativeness, orientasi pasar, training dan kinerja perusahaan diperoleh melalui daftar pertanyaan yang variabelnya diukur dengan menggunakan skala Likert 4 poin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi Baron & Kenny untuk mengetahui pengaruh mediasi orientasi pasar pada hubungan antara innovativeness dan kinerja, dan regresi sederhanauntuk mengetahui hubungan training dengan kinerja dan innovativeness.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan ketentuan bahwa pengusaha / pengrajin yang dipilih sebagai responden adalah mereka yang sudah pernah mengikuti pelatihan / training.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Innovativeness berhubungan positif signifikan dengan Kinerja Perusahaan, dan Orientasi Pasar memediasi hubungan innovativeness  dengan Kinerja Perusahaan.
Kata kunci: innovativeness, orientasi pasar, training, kinerja
ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the relationship between innovativeness and performance, the mediation effect of innovativeness on performance, and the relationship between training and performance as well as the relationship between training and innovativeness.
The study was conducted toward 83 batik entrepreneurs in Surakarta, Karanganyar Regency, Sragen Regency, and Lasem District. The data about innovativeness, market orientation, training, and performance are collected through list of questions whose variables were measured by four-point Likert Scale. This study used Baron& Kenny Hierarchical Regression Analysis technique in order to determine the mediation effect of market orientation in the relationship between innovativeness and performance. In addition, the simple regression technique was used in order to determine the relationship between training and performance, as well as the relationship between innovativeness and training. This study used purposive sampling technique under the condition of all chosen entrepreneurs had to have attended any training.
The results show that innovativeness is significantly and positively related to performance, while Market Orientation mediates the relationship between innovativeness and performance.
Keywords: innovativeness, market orientation, training, performance

×
Penulis Utama : Yosef Krisnanda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411302024
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Antara Innovativeness, Orientasi Pasar, Training dengan Kinerja Pada Perusahaan Kecil dan Menengah (Studi pada Pengusaha/ Perajin Batik di Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kecamatan Lasem)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Manajeman-S411302024-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asri Laksmi Riani, MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.