Penulis Utama : Angga Maryono Saputro
NIM / NIP : K1509006
×

ABSTRAK
Tujuan perencanaan dan perancangan ini adalah untuk, dapat menentukan lokasi pembangunan Rumah Sakit Tipe D yang ideal di Kabupaten Sragen, merencanakan dan merancang tata ruang desain Rumah Sakit Type D yang dapat menghemat  sistem penghawaan dan pencahayaan terkait dengan faktor iklim makro dan mikro, sesuai dengan beberapa konsep Green Architecture (Arsitektur Hijau).
Perencanaan dan perancangan ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data agar objektif dan akurat dengan pengamatan lapangan dan menghubungi instansi-instansi yang mempunyai data primer yang berhubungan dengan masalah yang menjadi objek perencanaan dan perancangan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi, mencatat arsip atau dokumen dan menelaah dokumen. Validitas menggunakan trianggulasi penyidik dan teori. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil perencanaan dan perancangan dapat disimpulkan bahwa, lokasi yang ideal untuk pembangunan rumah sakit, terletak di Kecamatan Mondokan, desain sirkulasi rumah sakit dengan pola linier menunjang hubungan antar ruang, kejelasan arah, dan kemudahan akses bagi pengelola, pasien, dan pengunjung. Desain pengelompokan instalasi mengunakan pola yang disesuaikan dengan zonasi yang membutuhkan pelayanan kesehatan, kondisi alam, dan lahan yang tersedia. Orientasi bangunan ke arah utara dan selatan dengan bentuk massa bangunan memanjang timur-barat.
Kata kunci: sragen, rumah sakit, green architecture
ABSTRACT
The purpose of planing and design are, to be able to determine the location of ideal type d hospital construction in sragen territory, planning and designing the layout of type d hospital wich can economize air circulation and lighting systems associated with macro and micro climatic factors, according to some of the concept of green architechture.
This planing and desing belongs to qualitative research. The Thecnique used to collect objective and accurate data are field observation and contact the agencies that provide primary data wich is coresponded with the problem of object of this planing and design. Sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques are in-depth interviews, observation, record or document archive and reviewing documents. The Validation using investigator and theory triangulation. Data analysis used are data reduction, data presentation and conclusion.
Based on the result of this planning and design, can be concluded that, an ideal location for hospital construction is located in Modokan district. Hospital circulation design with linear patterns support the connection beetwen rooms, clarity of direction, and ease of access for manager, patients, and visitor. Instalation grouping design using a customized pattern with zoning that requires health care, natural conditions, and available land. The orientation of the building to the north and south by the shape of the building mass that extend from  east to west.
Keywords: sragen, hospitals, green architecture

×
Penulis Utama : Angga Maryono Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1509006
Tahun : 2015
Judul : Perancangan Rumah Sakit Umum Type D Wilayah Sragen dengan Pendekatan Green Architecture
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik dan Kejuruan-K1509006-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Chundakus Habsya, MS.Arc.
2. Budi Siswanto, S.Pd., M.Arc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.