Penulis Utama : Grandys Putri Perdana
NIM / NIP : C0210027
×

ABSTRAK
Ada dua permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana analisis mikrostruktural wacana iklan produk kecantikan pada tabloid wanita NOVA? (2) Bagaimana analisis makrostruktural wacana iklan produk kecantikan pada tabloid wanita NOVA?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan analisis mikrostruktural wacana iklan produk kecantikan pada tabloid wanita NOVA. (2) Mendeskripsikan analisis makrostruktural wacana iklan produk kecantikan pada tabloid wanita NOVA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian tabloid wanita NOVA, sedangkan data dalam penelitian ini adalah iklan produk kecantikan yang terdapat dalam tabloid wanita NOVA. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tabloid wanita NOVA edisi bulan Juni-Agustus 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan teknik penyajian analisis data menggunakan teknik penyajian informal.
Berdasarkan analisis data diperoleh dua simpulan, yakni: (1) Hasil analisis mikrostruktural tersebut adalah analisis gramatikal yang terdiri dari pengacuan (referensi), pelesapan (elipsis), perangkaian (konjungsi). Pengacuan (referensi) terdapat dalam 10 data iklan, pelesapan (elipsis) terdapat dalam 4 data iklan, dan perangkaian (konjungsi) terdapat dalam 8 data iklan. Untuk analisis aspek leksikal ditemukan adanya pengulangan (repetisi), sinonimi (padan kata), antonimi (lawan kata), kolokasi (sanding kata), dan hiponimi ( hubungan atas-bawah). Pengulangan (repetisi) terdapat dalam 8 data iklan, sinonimi (padan kata) terdapat dalam 1 data iklan, antonimi (lawan kata) terdapat dalam 2 data iklan, kolokasi (sanding kata) terdapat dalam 2 data iklan, dan hiponimi (sanding kata) terdapat dalam 1 data iklan, (2) Hasil analisis makrostruktural berupa prinsip penafsiran personal, prinsip penafsiran lokasional, prinsip penafsiran temporal, dan prinsip analogi. Prinsip penfasiran personal terdapat dalam 10 data iklan, prinsip penafsiran lokasional 4 data iklan, prinsip penafsiran temporal terdapat dalam 5 data iklan, dan untuk prinsip analogi terdapat dalam 10 data iklan.

×
Penulis Utama : Grandys Putri Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210027
Tahun : 2015
Judul : Analisis Wacana Iklan Produk Kecantikan pada Tabloid Wanita Nova
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C0210027-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hesti Widyastuti, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.