Penulis Utama : Suciati Kasihani Kasbuloh
NIM / NIP : D1812080
×

Suciati Kasihani Kasbuloh, D1812080, 2015. PENTINGNYA SHELVING TERHADAP TEMU KEMBALI BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SETIA BUDI SURAKARTA. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan, mengolah, dan memberikan informasi kepada pemustaka. Salah satu kegiatan memberikan informasi adalah dengan melakukan kegiatan Shelving/penataan buku supaya terlihat rapi dan dapat ditemu kembali dengan mudah. Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pentingnya shelving terhadap temu kembali bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta, Kendala pada saat shelving, dan cara mengatasi kendala pada saat shelving. Dalam penulisan Tugas Akhir ini untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya: metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pentingnya shelving terhadap temu kembali bahan pustaka buku yaitu dengan adanya shelving yang teratur, rapi, menurut call number maka pada saat akan ditemu kembali dapat dengan mudah ditemukan. 2) Kendala pada saat kegiatan shelving yaitu layanan open source, sarana prasarana, tidak adanya pustakawan yang bertugas khusus untuk kegitan shelving. Kendala layanan open source karena pemustaka bebas memilih dan mengembalikan sendiri buku yang dipinjam sehingga dalam kegiatan shelving mengalami kesulitan. Sarana prasarana yang kurang memadai juga merupakan kendala pada saat shelving karena itu merupakan hal untuk menunjang kegiatan shelving. Tidak adanya pustakawan yang bertugas khusus juga merupakan kendala, karena apabila dalam kegiatan shelving dilakukan oleh berbeda orang maka berbeda pula cara meletakkan bukunya. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan dalam kegiatan shelving yaitu diberikan sosialisasi. Memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan shelving, dan juga memposisikan pustakawan yang bertugas khusus yang hanya melakukan kegiatan shelving supaya penempatannya sesuai dengan yang ada.
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta, diantaranya adalah: memberikan sosialisasi kepada pemustaka, memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang dibutuhkan, dan memposisikan pustakawan yang bertugas khusus untuk kegiatan shelving.

×
Penulis Utama : Suciati Kasihani Kasbuloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1812080
Tahun : 2015
Judul : Pentingnya Shelving Terhadap Temu Kembali Bahan Pustaka Buku Di Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.ISIP - 2015
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.ISIP Prog. D III Perpustakaan-D1812080-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Sholihin, S.Ag., S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.