Penulis Utama : Catur Wijayanto
NIM / NIP : D1211011
×

ABSTRAK
Penulis tertarik untuk mengangkat peranan museum karst karena museum ini merupakan museum karst satu-satunya yang ada di Indonesia. Dalam kondisi sekarang ini banyak masyarakat yang belum paham tentang karst padahal mereka tinggal di kawasan karst. Sehingga dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan museum karst sebagai sumber informasi karst untuk masyarakat sekitar kawasan karst di Wonogiri.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, lewat observasi, wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini kepada pengelola museum karst dan kepada pengunjung museum karst. Hasil dari penelitian ini menunjukan peranan museum karst dalam memberikan informasi tentang karst di Indonesia. Segala hal tentang karst yang ada di Indonesia dikemas dalam informasi yang mudah ditangkap oleh pengunjung.
Berdasarkan hasil penelitian, dalam mempertahankan kelangsungan museum karst, pengelola banyak menghadapi kritikan serta saran yang diungkapkan oleh pengunjung melalui kotak saran yang ada di pintu masuk museum karst. Banyak media informasi seperti diorama dan layar monitor yang berfungsi sebagai informasi karst dalam kondisi tidak menyala atau rusak. Kritik oleh pengunjung juga ditanggapi dengan baik oleh pihak museum karst. Media informasi seperti diorama dan layar monitor yang rusak sudah mulai diperbaiki, hal ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kepuasan pengunjung yang datang ke museum karst, serta menambah fasilitas seperti tempat parkir dan taman. Promosi tetap dilakukan museum karst, misal lewat pamflet yang disebarkan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan universitas sekitar museum karst.
Dengan menjalin hubungan yang baik dengan museum diharapkan bisa membuat museum karst ini semakin dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia. Kritik dan saran dari prngunjung juga diharapkan dapat membangun Museum Karst Indonesia menjadi lebih baik di masa yang akan datang.
Keyword : Peranan Museum Karst, Sumber Informasi, Kawasan Karst.
ABSTRACT
Authors interested to elevate the role of the karst museum because the museum is the only museum of karst in Indonesia. In these conditions it is a lot of people who do not understand about the karst when they live in the karst region. Thus, this study aims to describe how the role of the museum as a karst karst resources for communities around the karst region in Wonogiri.
In this study, the author uses descriptive qualitative method, through observation, interviews and questionnaires were distributed to the respondents. The samples in this study to the manager of the museum to museum visitors karst and karst. The results of this study show the role of the karst museum in providing information about the karst in Indonesia. All about karst in Indonesia packaged in convenient information captured by visitors.
Based on the research results, in maintaining the continuity of the karst museum, managers are facing criticism and suggestions expressed by visitors through the suggestion box at the entrance of the museum karst. Many media information such as dioramas and screens that serve as information karst in the off state or damaged. Criticism by visitors also responded well by the karst museum. Media information such as dioramas and a broken screen has started to be repaired, it is none other than to increase the satisfaction of visitors who come to the museum of karst, and add facilities such as parking lots and parks. Promotion is still being done karst museum, eg through pamphlets distributed and dissemination to schools and universities around the museum karst.
By establishing a good relationship with the museum is expected to make a museum of karst is more widely known by the people of Indonesia. Criticism and suggestions from prngunjung also expected to build Karst Museum Indonesia for the better in the future.
Keyword : Peranan Museum Karst, Sumber Informasi, Kawasan Karst.

×
Penulis Utama : Catur Wijayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1211011
Tahun : 2015
Judul : Peranan Museum Karst sebagai Sumber Informasi Karst (Studi Deskriptif Peran Museum Karst Sebagai Sumber Informasi Tentang Karst Bagi Pengunjung Museum Karst di Wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1211011-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.