Penulis Utama : Aji Hermawati
NIM / NIP : F1212006
×

ABSTRAKSI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas (ROA), financial leverage (DER), growth (sales growth), dan investment opportunity set (MBVA) terhadap dividend payout ratio (DPR). Meskipun penelitian yang membahas faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio (DPR) sudah banyak dilakukan, namun masalah dalam bidang ini tetap menarik untuk dibahas karena selalu terdapat perbedaan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya serta adanya perbedaan sampel penelitian yang dipakai.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Indonesia Stock Exchange (IDX) serta perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Malaysiadalam rentang tahun 2010-2012. Sampel penelitian adalah sebanyak 53 perusahaan manufaktur Indonesia dan 72 perusahaan manufaktur Malaysia. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa pada sampel perusahaan manufaktur Indonesia, ROA mempunyai pengaruh yang signifikan positif terhadap dividend payout ratio. Sedangkan pada perusahaan manufaktur Malaysia, ROA tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dividend payout ratio. Variabel financial leverage (DER) menunjukkan pengaruh yang berbeda pada kedua sampel penelitian ( pada perusahaan manufaktur Indonesia, DER memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap dividend payout ratio, sedangkan pada perusahaan Malaysia, DER memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap dividend payout ratio). Hal yang sama juga ditunjukkan oleh variabel growth yang memiliki hubungan yang berbeda pada kedua sampel penelitian, dimana pada perusahaan manufaktur Indonesia, growth memiliki pengaruh yang signifikan negatif terhadap dividend payout ratio. Sedangkan pada perusahaan Malaysia, growth tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadapdividend payout ratio. Variabel yang terakhir adalah IOS (MBVA) yang memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap dividend payout ratio pada kedua sampel penelitian.
Kata Kunci: ROA, DER, GROWTH, MBVA, Dividend Payout Ratio
ABSTRACT
The purpose of this research is to find empirical evidence about the influence of profitability (ROA), financial leverage(DER), growth (sales growth), and the investment opportunity set(MBVA) to dividend payout ratio (DPR). Although the studies that discuss factors affecting the dividend payout ratio(DPR) has been done, but the problems in this field remains interesting to discuss because there is always adifference in the results of some previous studies as well as the differences in the study sample were used.
The sample used in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and the companies listed on Bursa Malaysia in the range 2010-2012. Samples were as many as 53 manufacturing companies Indonesia and 72 manufacturing companies Malaysia. Analysis of data using multiple linear regression analysis.
The results of the study with multiple linear regression analysis showed that the samples of Indonesian manufacturing company, ROA has a positive significant effect on the dividend payout ratio. While in the Malaysian manufacturing companies, ROA does not have a significant effect on the dividend payout ratio. Variable financial leverage (DER) showed different effects on both the sample (in Indonesian manufacturing company, DER has a significant negative effect and no dividend payout ratio, while the Malaysian company, DER has a significant negative effect on the dividend payout ratio). The same is also indicated by the growth of variables that have a different relationship to the second sample, which in Indonesian manufacturing company, growth has a significant negative effect on the dividend payout ratio. While the Malaysian company, growth did not have a significant effect on the dividend payout ratio. The latter variable is IOS (MBVA) which has no significant effect on the dividend payout ratio in both the study sample.
Keywords: ROA, DER, GROWTH, MBVA, Dividend Payout Ratio.

×
Penulis Utama : Aji Hermawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1212006
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Growth, dan Investment Opportunity Set terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di BEI dan Perusahaan Manufaktur di Malaysia Periode 2010 – 2012)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F1212006-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Harmadi, M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.