Penulis Utama : Aisyah Tika Permatasari
NIM / NIP : F3112001
×

ABSTRAKSI
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memahami lebih jelas mengenai Sistem Pembayaran dengan menggunakan Sight Letter of Credit (Sight L/C) pada  PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara dan Observasi yang menggambarkan suatu keadaan yang ada pada suatu obyek penelitian tersebut. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data Primer diperoleh dengan cara Magang Kerja di PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar pada Departemen Pemasaran bagian Ekspor. Sedangkan Data Sekunder diperoleh dari buku-buku maupun sumber bacaan yang lain yang berkaitan dengan pokok bahasan yang diambil.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa jenis L/C Sight merupakan jenis pembayaran yang dipakai oleh PT. Kusumahadi Santosa dalam transaksi perdagangan dengan buyer yang ada di luar negeri karena dilihat dari jangka waktu pembayaran yang relatif singkat jika dibandingkan dengan jenis L/C Usance. Kekurangan atau yang lebih tepatnya disebut permasalahan dari Sight L/C antara lain seperti pengurusan dokumen yang rumit karena harus melalui Bank, terhambatnya pengiriman barang karena pihak ketiga (EMKL), hingga kemungkinkan mendapat denda apabila terjadi kesalahan pada Dokumen. Saran kepada perusahaan untuk menghindari kesalahan pada penulisan Dokumen dengan menempatkan tenaga kerja dan SDM yang profesional dan berpengalaman di bidang pengurusan Dokumen Ekspor serta memilih EMKL yang sudah terpercaya agar pengiriman barang terjamin.
Kata Kunci : Sistem Pembayaran Internasional, Sight Letter of Credit
ABSTRACT
The purpose of this research is to understand more clearly the Payment System   using the Sight Letter of Credit (Sight L / C) at PT. Santosa Kusumahadi Karanganyar.
The method used in this study were interviews and observation which describes a situation in which there is an object of the study. The data used in this study are primary and secondary data. Primary data obtained by Apprenticeship in PT. Santosa Kusumahadi Karanganyar on Export Marketing Department section. While secondary data obtained from books or other reading materials relating to the subject being taken.
Results from this study to know that types of L / C Sight is a type of payment used by PT. Kusumahadi Santosa in trade transactions with buyers who are outside the country as seen from the repayment period is relatively short when compared to the type of L / C Usance. Deficiencies or more accurately called the problem of Sight L / C, among others, such as processing of complex documents because it must go through the Bank, delays in delivery of goods for third parties (EMKL), possibility to get a fine if an error occurs in the document. Advice to companies in order to avoid mistakes in writing the document by placing labor and human resources professional and experienced in the field of maintenance as well as choosing EMKL Export Documents that have been reliable so that the delivery of Goods is assured.
Keywords: International Payment System, Sight Letter of Credit

×
Penulis Utama : Aisyah Tika Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3112001
Tahun : 2015
Judul : Sistem Pembayaran Internasional dengan Menggunakan Sight Letter Of Credit Pada PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Perdagangan-F3112001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim,SE
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.