Penulis Utama : Rosiana Dwi Wahyuning Suci
NIM / NIP : K1310072
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita pada materi Program Linear dengan submateri nilai optimum suatu fungsi objektif, (2) mengetahui penyebab siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Program Linear dengan submateri nilai optimum suatu fungsi objektif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode wawancara. Tes yang diberikan adalah tes uraian berbentuk soal cerita tentang nilai optimum suatu fungsi objektif. Tes dilakukan pada 36 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Jakenan semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Dari 36 siswa yang mengikuti tes tertulis, dipilih 5 siswa sebagai subjek penelitian. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang dilakukan metode analisis non-statistik.
Berdasarkan hasil analisis data 5 siswa yang menjadi subjek penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Program Linear dengan submateri nilai optimum suatu fungsi objektif dapat dikelompokkan menjadi tiga tipe kesalahan beserta penyebabnya, yaitu: (1) Kesalahan interpretasi bahasa, merupakan kesalahan yang dilakukan oleh siswa karena kesalahan dalam menafsirkan soal, antara lain: (a) kesalahan dalam menentukan variabel karena siswa tidak mengetahui cara memisalkan dengan benar; (b) menentukan fungsi kendala karena siswa kurang memahami soal, siswa hanya sekilas dalam membaca soal; dan (c) menentukan persamaan fungsi objektif, adalah karena siswa asing dengan soal. (2) Kesalahan prosedur adalah kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam melakukan prosedur penyelesaian soal, antara lain: (a) kesalahan dalam menggambar grafik karena siswa tidak memahami cara menggambar grafik dengan benar, jarang berlatih, salah dalam melakukan menentukan titik yang dilewati garis; (b) menentukan daerah penyelesaian karena siswa tidak memahami yang dimaksud dengan daerah penyelesaian dan karena siswa salah dalam menggambar grafik serta membuat model matematika dari fungsi kendala; dan (c)menentukan titik-titik pojok karena siswa kurang memahami dalam menentukan daerah penyelesaian dan siswa kurang memahami tentang titik-titik pojok mana saja yang membatasi daerah penyelesaian. (3) Kesalahan teknis adalah kesalahan yang dilakukan karena kurang telitinya siswa dalam menyelesaikan soal matematika, antara lain: (a) memasukkan data grafik ke dalam bentuk fungsi objektif yang dikarenakan siswa kurang teliti dalam mencermati data yang ada pada grafik; (b) melakukan operasi hitung aljabar karena siswa kurang teliti, ketergantuakan pada alat bantu, tidak melakukan pengecekan pada setiap langkahnya, dan tidak melakukan koreksi terhadap jawaban akhir; dan (c) membuat kesimpulan akhir karena siswa tidak memahami maksud dari soal dan siswa tidak melakuakn pengecekan kembali.
Kata kunci: jenis kesalahan, penyebab kesalahan, soal cerita
ABSTRACT
The purpose of this research is to (1) find out the students’s error in solving story question of linear programme material with the submaterial optimum value of objective function, (2) find out  the cause of student’s error in solving story question of linear programme material with the submaterial optimum value of objective function.
This research is qualitative research. The source of study data based on test and interview. The test was given for 36 students of grade XI of SMA Negeri 1 Jakenan Pati in odd semester, academic year 2014/2015. The sampling technique used purposive sampling. The data analysis technique used in this study is non statistic.
The conclusion of this research can be divided into three type of error and the cause of students’s error in solving the story question of Linear programme with submaterial optimum value of objective function, they are: (1) Language interpretation errors, the cause of the error is the students do not understand the meaning of question, like (a) determine of variabel because the students do not understand making variabel correctly; (b) determine the constraint function because the students do not understand the meaning of question and read the question only a second; and (c) determine the objective function because the question is odd. (2) Prosedure errors, students made errors in some aspects, like: (a) drawing graph, occured because the students do not understand drawing graphic method correctly and the students was wrong in calculating the value that is used to determine the points that through the line; (b) determine the solution area because the students do not understand with definition of solution area and the student made error in making constraint function; and (c) determine the corner points because the students do not understand the point that limit the solution area. (3) Technical errors, the students did some errors like: (a) inputting graph data on objective function because students less careful in understanding graphic data; (b) doing arithmatic operations of algebra because the students are less careful in calculating, student’s dependence an assist tool like calculator; students did not re-check the answer in each arrangement, and not doing correction and (c) this final determination is based on students less understanding the purpose of question and the students considered the result of the calculation is the final answer.
Key word: types of error, the cause of error, story question

×
Penulis Utama : Rosiana Dwi Wahyuning Suci
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1310072
Tahun : 2015
Judul : Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear pada Siswa Kelas Xi Miasemester 1 SMA Negeri 1 Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan MIPA-K1310072-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mardjuki, M.Si.
2. Dhidhi Pambudi, S.Si., M.Cs.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.