Penulis Utama : Cheni
NIM / NIP : F0111017
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia, upah, pendidikan dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja di industri tahu Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan program SPSS 17. Sampel Penelitian ini menggunakan sampel seluruh tenaga kerja industri tahu di Krajan Kecamatan Jebres Kota Surakarta dengan jumlah seluruhnya 45 tenaga kerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat variabel bebas hanya ada dua yang berpengaruh yaitu usia berpengaruh negatif dan upah berpengaruh positif, sedangkan pendidikan dan pengalaman tidak berpengaruh signifikan. Variabel upah menjadi variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas tenaga kerja industri tahu di Kecamatan Jebres Kota Surakarta.
Mengacu pada hasil penelitian, saran yang dikemukakan adalah diharapkan pengusaha tahu merekrut pekerja yang berusia lebih muda karena kemampuan fisiknya cenderung lebih tinggi dan meningkatkan upah pekerja karena hal tersebut dapat memotivasi pekerja agar lebih giat dalam bekerja yang pada akhirnya akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas tenaga kerja.
Kata Kunci: usia, upah, pendidikan, pengalaman, produktivitas tenaga kerja.
ABSTRACT
This study aimsto determine the effectof age, wages, educationandwork experienceon labor productivity tofu industryinJebres, Surakarta. Analysis tools used in this study is multiple linear regressionwithSPSS17.This study used sample of the entire population that is 45 workers from overall tofu industries in Krajan Mojosongo Jebres Surakarta City
The results showed that of the four independent variable only two independent variable that has significant effect. The research shows that the age have negative effect and the wage have positive effect, at the same time education and work experience do not have significant effect. Wage become the most dominant variable influence toward labor productivity.
Refers to the result of this research, the suggestion is the owner of tofu industry be expected to recruiting younger labor because of the physical capability tend to be better and increase the wage, because wage can motivate the workers in order to work harder, which will increasing productivity.
Keywords : age, wage, education, experience, productivity
 

×
Penulis Utama : Cheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111017
Tahun : 2015
Judul : Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Sentra Industri Tahu Kecamatan Jebres Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0111017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Albertus Maqnus Soesilo, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.