Penulis Utama : Rasidi
NIM / NIP : D1512068
×

Pengamatan dilakukan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dan pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penggajian pegawai negeri sipil (PNS) yang berada di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Surakarta. Jenis pegamatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan Sumber Data diperoleh dari narasumber (informan), dokumen atau arsip, serta peristiwa yang terjadi di lokasi pengamatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan pegawai Sub Bagian Keuangan Dinas Dikpora Kota Surakarta , observasi, serta  dokumentasi.
Dalam laporan ini dijelaskan mengenai prosedur penggajian. Gaji merupakan bentuk kompensasi periodik untuk pegawai yang bekerja dalam sebuah instansi, gaji merupakan salah satu faktor yang menentukan performa pegawai yang mana performa yang baik  dapat mendukung pencapaian sebuah instansi. Prosedur merupakan langkah dalam aktifitas untuk mencapai tujuan utama secara efisien dan efektif.  Di Sub Bagian Keuangan yang dilakukan dalam proses penggajian yaitu seperti pembuatan SPP-LS dan SPM Gaji, setelah itu mencairan dana gaji yang berupa SP2D tersebut di Bank jateng, dan proses yang terakhir yaitu membagikan gaji tersebut ke para PNS dan membuatkan SPJ Gaji untuk dikirimkan ke DPPKA sebagai tanda bukti bahwa dana tersebut sudah dibagikan ke para pegawai untuk kemudian dibuatkan daftar gaji untuk bulan berikutnya.

This observation held at Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta and this observation’s main point is to find out about civil employee’s salary  procedur in Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta. Type of observation are using qualitative descritive approach to describe the types of observation, describe and analyze a number of existing data. The main datas are from the informant/interviewee, document and files and every single moment at the place. Data collection technique was conducted through interviews with employee in Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta to obtain the desired information, observation and review of documents that can support of making the observation result.
In this report explained about the salary procedure. Salary is a form of periodic  compensation for employee or employees that work for an agency, salary is one of the factors driving performance for an employee which is a good performance can be support the achievement of an agency. Procedure is a step or stage of an activity to achieve the main goal efficiently and effectively. The finances subpart of Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta is making SPP-LS and salary’s SPM. Furthermore SP2D will be used by the agency to diburse funds to the payroll to the Jateng Bank and the last process is distibute the salary to the employee and makes the salary’s SPJ furthermore sent to DPPKA as a sign that the funds was properly executed to the employee and making the payroll for the next month continually.

×
Penulis Utama : Rasidi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512068
Tahun : 2015
Judul : Prosedur Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Diploma III Manajemen Administrasi-D1512068-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharsono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.