Penulis Utama : Herdimas Dwi Wijaya
NIM / NIP : D1512035
×

ABSTRAK
Barang habis pakai adalah suatu barang yang tidak dapat digunakan untuk berulang melainkan hanya bisa digunakan dalam sekali pemakaianya. Barang habis pakai selalu dibutuhkan dalam kegiatan sehari hari, baik dalam sekolah bahkan pekerjaan, sama halnya dengan suatu pekerjaan dalam suatu tempat dinas. Agar dalam pemenuhan barang habis pakai dalam tempat dinas berjalan dengan baik maka perlu adanya pengelolaan barang habis pakai. Dalam pengelolaan barang perlu adanya administrasi dengan tujuan untuk melayani membantu dan memenuhi kebutuhan barang secara terperinci dan bisa berjalan dengan baik.
Pengamatan ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan Administrasi Pengelolaan Barang Habis Pakai di Sub bagian Umum dan Kepegawian Disperindag Kota Surakarta. Pengamatan yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan mengenai Administrasi Pengelolaan Barang Habis yang telah di kelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta. Sumber data yang diperoleh berdasarkan narasumber, aktivitas, dokumen terkait dengan administrasi pengelolaan barang habis pakai di Disperindag. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen yang berupa berkas dan arsip yang berkaitan dengan Administrasi pengelolaan barang habis pakai di Disperindag Kota Surakarta.
Hasil dari pengamatan yang dilakukan di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Disperindag Kota Surakarta, penulis memaparkan bahwa administrasi pengelolaan barang habis pakai merupakan bagian dari siklus pengelolaan barang milik Daerah yang terdiri dari penerimaan, penyimpanan, penyaluran dan pelaporan. Penyaluran dan pelaporan merupakan tujuan utama dalam pengelolaan barang tersebut dalam tahap yang baik untuk pemenuhan kebutuhan barang.
Berdasarkan hasil pengamatan ini penulis menyimpulkan bahwa Administrasi Pengelolaan Barang Habis Pakai telah berjalan dengan baik dan dilakukan oleh tenaga yang ahli dibidang tersebut. hanya mungkin kurang kerapihan dalam menyusun, perlu adanya sistem komputerisasi untuk pencatatan barang keluar dan masuk.
Kata Kunci : Administrasi, Pengelolaan, Barang Habis Pakai
ABSTRACT
Disposable goods are the one that cannot be used repeatedly but only once. Disposable goods are always needed in daily life, either at school or at work, and in some work in a service office. For the fulfillment of the need for disposable goods in a service office to run well, the management of disposable goods is required. In goods managing, an administration is required to serve and to help meet the need for goods in detail and well.
This study aimed to describe and to explain the administration of disposable goods management in General and Personnel Sub Division of Surakarta City’s Industry and Trade Office. The observation was conducted by the writer using descriptive qualitative method, describing the administration of disposable goods management that has been managed in Surakarta City’s Industry and Trade Office. The data source was obtained based on informant, activity, and document related to disposable goods management administration in Surakarta City’s Industry and Trade Office. Techniques of collecting data used were interview, observation, and document study in the form of document and archive relevant to the disposable goods management administration in Surakarta City’s Industry and Trade Office.
The result of observation conducted in General and Personnel Sub Division of Surakarta City’s Industry and Trade Office showed that the writer described the disposable goods management administration was the part of local government-owned goods management cycle consisting of receiving, storing, distributing, and reporting. Distribution and reporting were the main objectives in such the goods management in good stage for meeting the need for goods.
Considering the result of observation, the writer concluded that the Disposable Management Administration had run well and conducted by the expert in that area, despite untidiness in organizing it, so that a computerized system was required for recording in- and out-goods.
Keywords: Administration, Management, Disposable Goods.

×
Penulis Utama : Herdimas Dwi Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512035
Tahun : 2015
Judul : Administrasi Pengelolaan Barang Habis Pakai di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Disperindag Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512035-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suryatmojo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.