Penulis Utama : Sintya Novia Ardini
NIM / NIP : D1512081
×

ABSTRAK
Dalam setiap organisasi baik pemerintah maupunswasta akan selalu berusaha untuk mencapai tujuan dalam organisasi. Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tujuan tersebut adalah pengelolaan terhadap arsip. Agar arsip dapat membantu kelancaran aktivitas organisasi dan mempermudah penyajian data maka diperlukan adanya suatu pengelolaan yang baik. Arsip mempunyai peranan yang sangat penting dalam organisasi yaitu sebagai pusat ingatan dan sumber informasi dalam rangka melakukan kegiatan perencanaan, penganalisaan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan pertanggung jawaban. Adapun kegiatan yang termasuk dalam pengelolaan arsip antara lain : penerimaan dan pencatatan arsip, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan dan pemusnahan arsip.
Pengamatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip di bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar.
Metode yang digunakan dalam pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengamatan observasi berperan aktif. Lokasi pengamatan adalah Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Sumber data yang diperoleh dari pengamatan ini berdasarkan narasumber dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dari pengamatan ini adalah observasi berperan aktif, wawancara, dan mengkaji dokumen. Metode analisis data yang digunakan metode analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,sajian data dan penarikan kesimpulan..
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah menunjukkan bahwa pengelolaan arsip di bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar belum sepenuhnya sempurna dan masih memerlukan pembenahan agar pengelolaan arsip di kantor tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan sempurna.
ABSTRACT
Any public or private organization will always attempt to achieve the objective in organization. The organization’s success in achieving the objective is affected by many factors. One factor that could affect such the objective was archive management. For the archive to help smoothen the organization activity and to facilitate the data presentation, a good management is required. Archive plays a very important role in organization as retrieval and information source center in the attempt of undertaking planning, analyzing, policy formulation, decision making, and responsibility. The activities included into archive management were archive receiving and recording, storing, maintenance, archive shrinkage and eradication.
This observation was conducted aimed to find out the archive management in General Government Sub Division of Karanganyar Regency’s Local Secretariat.
The method employed in this observation was a descriptive qualitative one with active participatory observation. This observation was taken place in General Government Sub Division of Karanganyar Regency’s Local Secretariat. The data source obtained from this observation based on informant and document. Techniques of collecting data used in observation were participatory observation, interview and document study. The method of analyzing data used was an interactive model of analysis encompassing data reduction, data display and conclusion drawing.
The result obtained from the observation the writer conducted showed that archive management in General Government Sub Division of Karanganyar Regency’s Local Secretariat had not been perfect and still required reformation to make the archive management in the office run well and perfectly.

×
Penulis Utama : Sintya Novia Ardini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512081
Tahun : 2015
Judul : Pengelolaan Arsip di Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512081-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.